Wednesday, September 28, 2022

Bukan Mistis! Ini Olahan Makanan dan Minuman dari Bunga Mawar

Rekomendasi

Trubus.id — Bunga mawar bukan sekadar tanaman hias, melainkan kerap dimanfaatkan sebagai bunga untuk ritual dalam kegiatan tertentu sehingga sebagian kalangan mengaitkannya dengan hal-hal mistis. Terlepas dari itu, mawar bisa diolah menjadi makanan dan minuman olahan yang lezat.

Tisane mawar

Shanti Rochmatin, pekebun mawar di Desa Sidomulyo, Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, membuat aneka olahan bunga mawar dan menjualnya. Salah satunya, ia mengolah mawar menjadi tisane (air seduhan dari bunga) mawar.

Cara membuatnya cukup mudah. Pilih mahkota bunga yang bagus, cuci bersih, lalu jemur bunga mawar pilihan di bawah matahari langsung hingga setengah layu. Setelah itu, remas mahkota bunga mawar setengah layu tadi hingga keluar sari, kemudian jemur kembali.

Penjemuran memerlukan waktu 2 sampai 3 hari saat cuaca panas. Setelah kering, lanjutkan dengan proses sangrai. Tujuannya, untuk mengeluarkan aroma khas mawar. Selanjutnya, kemas hasil sangraian tadi dan siap dijadikan sebagai sebagai seduhan atau tisane mawar.

Shanti mengatakan satu kilogram bunga mawar segar bisa menjadi 200 gram tisane. Tisane menjadi produk olahan yang mudah dibuat dan tahan simpan.

Sirop mawar

Selain tisane, Shanti juga mengolah kelopak bunga berwarna muda itu menjadi sirop.  Pengolahan bunga mawar menjadi sirop cukup sederhana. Mawar segar diperas hingga mengeluarkan sari mawar, rebus, lalu disaring.

Satu kilogram mawar segar, memerlukan tiga liter air, dan satu kilogram gula pasir untuk  bisa menghasilkan dua liter sirup.

Kudapan keripik mawar

Olahan mawar berikutnya adalah kudapan keripik mawar. Cara pembuatannya seperti membuat keripik dari bahan lain, seperti menambahkan tepung beras. Bahan baku utama keripik mawar berasal dari mahkota bunga mawar yang berukuran besar. Untuk produk keripik mawar, Shanti membuat dua varian rasa, yaitu asin dan manis.

Semula, ia hanya menawarkan keripik mawar pada rekan-rekannya tanpa memberi tahu asal bahan bakunya.

“Awal mencoba, mereka mengatakan enak tapi tidak tahu itu makanan apa. Setelah tahu itu mawar, mereka kaget,” katanya.

Meski para kolega menyukai rasa keripik mawar buatannya, kesan mistis konsumsi mawar masih terlihat begitu melekat.

Susu mawar dan penyegar wajah

Bunga mawar juga bisa diolah menjadi minuman, yakni susu mawar (rosemilk) dengan cincau. Produk terbaru lainnya adalah air mawar (rosewater) yang bermanfaat untuk menyegarkan wajah.

Mawar memiliki kandungan senyawa yang menyehatkan tubuh di antaranya vitamin C, antosianin, seng (Zn), sitrat, dan sitronelol.

Sri Wilujeng, peneliti dari jurusan Teknologi Industri Pangan Politeknik Negeri Jember, menyebutkan, kandungan air pada mahkota mawar cukup besar 83–85%. Selain itu, ada pula kandungan betakaroten, antosianin, dan total gula berkisar 8–12%. Adapun minyak asiri sebesar 0,01–1,00% terdiri atas sitronelol, eugenol, asam galat, dan linalool. Antosianin dapat bersinergi dengan asam sitrat sehingga berperan sebagai antioksidan.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Permintaan Produk Organik Kian Meningkat

Trubus.id — Permintaan produk organik mengalami peningkatan. Peningkatan permintaan produk organik di Indonesia terjadi karena munculnya kesadaran menjaga kesehatan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img