Wednesday, August 17, 2022

Burung kicauan: Kicau Evo Terbaik

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Rencong, kacer jawara milik M. Khadafi dari Lampung
Rencong, kacer jawara milik M. Khadafi dari Lampung

Bawa 1 juara ke-1.

Tanggal 21 Juli 2013 menjadi hari keberuntungan bagi pehobi burung berkicau asal Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Yadi Eka Jaya. Jika pehobi lain membawa banyak burung untuk menambah peluang mendapat juara, Yadi hanya membawa seekor murai batu kesayangannya bernama Evo. “Saya hanya membawa seekor burung, karena kondisi Evo sedang prima sehingga saya yakin mendapat juara,” kata pehobi yang mengoleksi 5 murai batu di kediamannya itu.

Saban hari Yadi memberikan pakan berupa jangkrik kepada Evo. Jatahnya masing-masing 5 ekor pada pagi dan sore plus 2 sendok makan kroto sehari sekali. Yadi menjemur Copsychus malabaricus itu dari pukul 07.00—10.00 setelah memandikannya. “Tak ada persiapan khusus, hanya perawatan seperti hari-hari biasa,” kata Yadi.

Perdana

Evo benar-benar tak mengecewakan Yadi. Saat lomba berlangsung, burung berumur 4 tahun itu berkicau terus-menerus. “Kicauannya lantang dan jarang berhenti. Itu modal kuat untuk mendapat juara,” kata Kadud, juri asal Bogor, Jawa Barat. Juri asal Cikampek, Jawa Barat, Hendrik Ismawan, menyampaikan hal senada. “Dari segi performa burung terlihat sangat prima,” kata juri burung sejak 1989 itu. Indikasi itu dapat dilihat dari kegesitan burung yang rajin bergerak, rajin berkicau, dan ekor kerap bergerak naik turun ketika berkicau. Sekitar 30 menit lomba berlangsung, Evo akhirnya terpilih menjadi jawara di kelas Habiture atau murai batu utama. Yadi berhak mendapatkan uang Rp15.000.000.

Rencong, kacer jawara milik M Khadafi dari LampungEvo memang bukan satu-satunya kicauan yang meraih juara pada hari itu. Di lomba burung yang bertajuk “Ngabuburit Bersama BnR dan Maxwell” di Bellanova Country Mall, Sentul, Kabupaten Bogor Jawa Barat, itu, sekitar 600—an peserta bertanding di 5 kelas yaitu Habiture, River View, Centronia, Green Valley, dan Terace Hills.

Ketua Umum BnR Pusat, Kamiludin, mengatakan, “Dari segi jumlah peserta memang tidak sebanyak lomba sebelumnya. Barangkali salah satu faktornya sedang bulan puasa. Namun, dari segi kualitas burung cukup baik,” kata Kamiludin. Para peserta berdatangan dari berbagai daerah di antaranya Lampung, Samarinda, Yogyakarta, Semarang, dan Jakarta.

Selain kelas utama murai batu, yang juga tak kalah seru adalah kelas utama love bird. Burung koleksi Kevin Kumala meraih tempat tertinggi di kelas utama atau river view.

Kramatjati

Di kelas utama kacer, burung koleksi Muhammad Khadafi dari Lampung meraih posisi pertama, sedangkan di kelas anis kembang, pemenangnya adalah JPL 1 koleksi Kevin Kumala, sementara di kelas kenari utama, burung bernama Rubicon, koleksi Fitri asal Samarinda menjadi pemenang pertama.

Sepekan kemudian giliran Central Enterprise yang menggelar lomba dan pameran burung berkicau di Kramatjati, Jakarta Timur. Ada 6 kelas dalam lomba itu yaitu kelas Reskrim, kelas Intelkam, Samapta, Binmas, Lantas, dan ABS Sangkar. Juara ke-1 di kelas utama murai batu berhak mendapatkan piagam dan uang tunai Rp10.000.000 ditambah Rp10.000.000 bila ada ring BnR pada kaki burung.

Menurut pembina lomba Komisaris Polisi Handini, lomba kali ini untuk memeriahkan hari ulang tahun ke-67 Kepolisian Republik Indonesia dan santunan anak yatim piatu. “Kondisi burung kicauan akhir-akhir ini sedang ramai, sehingga kita adakan lomba ini untuk memperingati hari ulang tahun Polri,” tutur Kapolsek Metro Kramatjati, Jakarta Timur, itu. Bulan puasa, burung-burung tetap semangat berkicau dan meraih juara di masing-masing kelas. (Bondan Setyawan/Peliput: Dian Adijaya Susanto)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img