Thursday, June 20, 2024

Cara Atasi Getah Kuning pada Manggis

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Kategori buah manggis bisa diekspor yakni daging buah tidak mengeluarkan getah kuning. Menurut pekebun manggis di Kabupaten Sukabumi, Bambang Yesaya Abdi getah kuning muncul saat ukuran buah mulai membesar.

Salah satu sebab getah kuning karena tanaman kekurangan air saat kemarau. Menurut peneliti manggis di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Ellina Mansyah, M.P., dianjurkan untuk mencegah getah kuning pada daging buah.

Menurut Ellina penyebab getah kuning karena pecahnya pembuluh akibat tekanan turgor. Kondisi itu terjadi saat kondisi kering, kemudian terkena hujan. Saat itu serapan air pada tanaman berlebih.

Pemberian kapur pertanian yang mengandung magnesium juga dianjurkan lantaran berperan memperkuat dinding sel. “Kekuatan dinding sel merupakan kunci supaya getah kuning tidak pecah,” ujar Ellina.

 Pemanenan yang juga mesti benar. Buah yang terjatuh dari pohon berisiko retak. Dampaknya kulit buah mengeras sehingga susah dibuka. Penyiraman tanaman dilakukan 2 kali sepekan saat musim kemarau. Tanaman manggis menyukai kondisi tanah yang lembap.

Saat tanaman umur 3 tahun idealnya memperoleh pencahayaan 100%. Artinya tumpang sari dalam kebun tidak boleh dilakukan dengan tanaman tinggi seperti kelapa.

Sementara saat tanam awal tanaman hanya membutuhkan intensitas cahaya 75%. Pekebun bisa menggunakan naungan berupa pisang, kelapa, atau jaring peneduh.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Budidaya Udang Vannamei Superintensif, Padat Tebar Padat Hasil Panen

Trubus.id—Budidaya udang vannamei superintensif  merupakan cara budidaya dengan tingkat kepadatan tinggi mencapai 1.000 ekor per m2 atau rata-rata 370...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img