Thursday, February 29, 2024

Cara Meningkatkan Populasi Cupang Jantan

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Sosok cupang jantan amat elok, berwarna menarik, bertubuh ramping, bersirip panjang, dan agresif. Kelebihan itulah yang membuat harga cupang jantan lebih mahal dibanding cupang betina.

Wajar saja jika hal itu menjadi pendorong pembudidaya ikan cupang untuk meningkatkan populasi ikan jantan. Salah satu cara meningkatkan jumlah populasi ikan jantan dengan pengarahan jenis kelamin (sex reversal).

Menurut Dr. Eni Kusrini, S.Si., M.Si., peneliti bidang genetika dan pemuliaan di Balai Riset Budidaya Ikan Hias, terdapat berbagai bahan yang dapat digunakan untuk maskulinisasi, mulai dari hormon sintetis atau alami dan enzim untuk mengarahkan kelamin ke arah jantan.

Teknik pemberian pada ikan cupang pun beragam antara lain perendaman embrio, perendaman larva, dan pemberian secara oral. Teknik pengarahan jenis kelamin untuk memperoleh monoseks jantan (maskulinisasi) sudah banyak dilakukan dengan cara penggunaan hormon 17α-metiltestosteron.

Eni mengatakan, penggunaan hormon metiltestosteron mulai dibatasi karena diduga dapat mencemari lingkungan. Harganya pun mahal dan sulit diperoleh. Oleh karena itu, penggunaan hormon itu dilarang dan tidak dijual bebas.

Selain itu, penggunaan hormon dan enzim sulit dan mahal bagi pembudidaya cupang. Bahan alternatif pengganti hormon sintetis itu di antaranya ekstrak ginseng Panax ginseng, daun purwoceng Pimpinella pruatjan, teripang pasir, ekstrak lada Piper nigrum, dan madu.

Proses jantanisasi

Jantanisasi atau maskulinisasi merupakan teknik yang dilakukan untuk mengarahkan kelamin ke arah jantan. Bahan alami yang dapat digunakan untuk maskulinisasi mengandung senyawa seperti steroid, flavonoid chrysin, serta mineral. Metode jantanisasi terdiri atas tiga cara.

Pertama, pemberian pakan dengan dicampurkan pada pakan alami ataupun pakan buatan. Kedua, perendaman embrio atau larva. Ketiga, penyuntikan atau implan.

Namun, metode penyuntikan sulit dilakukan untuk ikan cupang karena berukuran kecil. Keberhasilan teknik seks reversal dipengaruhi oleh dosis bahan yang digunakan, metode pemberian bahan, waktu atau lama perlakuan, jenis ikan, dan suhu air selama perlakuan.

Tahapan jantanisasi cupang diawali dengan proses pemijahan, yang dilakukan dengan metode pemijahan alami. Caranya, memisahkan induk betina dan jantan terlebih dulu dalam satu akuarium.

Tempatkan induk betina pada wadah transparan dalam akuarium yang sama dengan induk jantan. Pemisahan induk dilakukan sampai induk jantan membuat busa-busa di permukaan air sebagai tanda siap memijah.

Setelah induk jantan membuat busa-busa, satukan induk betina dan induk jantan dalam satu akuarium. Pemijahan terjadi saat induk jantan melingkarkan tubuhnya membentuk huruf U melilit induk betinanya.

Setelah proses pemijahan selesai, pindahkan induk jantan dan betina ke dalam wadah yang berbeda. Angkat dan pindahkan telur yang dibuahi dalam stoples berkapasitas 1,5 liter untuk persiapan perlakuan.

Rendam telur dengan bahan, waktu, dan konsentrasi tertentu untuk jantanisasi. Hasil penelitian menunjukkan, perendaman madu stadia embrio berkonsentrasi 30 ml/l selama 10 jam berhasil menghasilkan jantan hingga 96%.

Hasil itu lebih tinggi dibanding perlakuan perendaman berbahan 17α-metiltestosteron pada stadia embrio dengan dosis 20 mg/l selama 10 jam, hanya menghasilkan 74,36% jantan.

Mekanisme kinerja hormon atau bahan alami dalam tubuh ikan melalui jaringan atau organ dalam tubuh ikan. Hormon atau bahan alami itu dibawa oleh aliran darah menuju ke organ target.

Setelah mencapai organ target, steroid masuk ke sel dan berikatan dengan reseptor khas, suatu protein yang terdapat di dalam sitosel. Protein itu mengalami perubahan konfirmasi ketika berikatan dengan steroid.

Kompleks protein steroid itu selanjutnya masuk ke inti sel dan berikatan dengan kromatin. Hasilnya, gen diaktifkan asam ribonukleat (ARN) baru disintesis dan hasil akhirnya terbentuk protein baru.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tip Bungakan Tanaman Subtropis Hyacinth di Indonesia

Trubus.id— Hyacinthaceae tanaman asal Turki selatan yang subtropis. Bagi kebanyakan orang membungakan hyacinth di Indonesia tergolong sulit. Namun, menurut...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img