Friday, December 2, 2022

Cepat Pulih Usai Operasi

Rekomendasi

Madu pelawan berasal dari pohon pelawan Tristanipsis spKonsumsi madu membuat Vita Yulia cepat pulih pascaoperasi.

Jarum jam menunjukkan pukul 21.00 ketika Lucia Karina mengantarkan anak-anaknya ke kamar. Ia hendak menyelimuti tubuh putri sulungnya, Vita Yulia, bukan nama sebenarnya. Namun, tertunda begitu mendengar keluhan Vita. “Ma, telingaku sakit. Rasanya kaya mau pecah,” keluh Vita. Suhu tubuh Vita tinggi, hampir 39°C. Padahal, sore harinya, gadis berusia 13 tahun itu masih lincah bermain dengan teman-temannya.

Lucia pun bergegas membawa putri sulungnya itu ke dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) di sebuah rumahsakit di Sragen, Jawa Tengah. Pemeriksaan menunjukkan ada cairan di antara saluran telinga dengan hidung dan mulut. Cairan itu muncul akibat lendir yang terhalang oleh pembengkakan amandel sehingga tidak bisa keluar melalui hidung atau mulut. Akibatnya, lendir mengalir ke bagian gendang telinga sehingga menimbulkan rasa sakit yang mendera Vita.

Penyinaran dengan sinar-X menyingkap masalah lain: pembengkakan adenoid atau kelenjar sejenis amandel yang terletak di belakang hidung dan langit-langit mulut. Efeknya, rongga hidung Vita menyempit hingga seukuran lubang jarum. “Selama ini Vita bernapas dengan mulut. Pasalnya, adenoid Vita berukuran terlalu besar sehingga menyumbat jalan napas melalui hidung. Akibatnya, telinga juga ikut sakit,” ujar Lucia meniru pernyataan dokter.

 

Madu pelawan mempercepat pemulihan luka pascaoperasiBenteng

Amandel alias tonsil dan adenoid sama-sama berfungsi membentengi tubuh. Amandel atau tonsil merupakan jaringan limfoid di kerongkongan di kedua sisi belakang mulut. Jika terjadi serangan berat oleh penyakit, tonsil bisa radang dan membengkak. Gejala radang amandel beragam, seperti demam, batuk, kedinginan, sakit kepala, sakit telinga, serta rasa gatal dan bengkak di tenggorokan.

Menurut dr Himawan Wijoyo Husodo SpTHT, dokter spesialis THT, salah satu pemicu peradangan karena adanya alergi makanan dan minuman dingin atau bakteri. Jika dibiarkan, tonsil membesar dan mengganggu saluran napas serta saluran makan. Adapun adenoid berperan penting sebagai pelawan infeksi pada bayi dan anak-anak berusia kurang dari 14 tahun. Peran itu semakin berkurang seiring pertumbuhan lantaran tubuhnya mulai membentuk antibodi untuk melawan bibit-bibit penyakit.

Sebagian besar penyebab infeksi amandel adalah virus, misalnya virus flu, virus epstein-barr, dan virus coxsackie. Sementara itu Streptococcus pyogenes merupakan jenis bakteri yang paling sering menyebabkan radang tenggorokan. Bila terinfeksi, amandel akan melawan virus atau bakteri melalui hidung atau mulut. Akibatnya, terjadi peradangan, pembengkakan, dan rasa sakit. Bila amandel meradang, adenoid pun ikut meradang.

Hal itulah yang terjadi pada Vita. Menurut Lucia, putri sulungnya kerap mengalami flu terutama jika kecapaian atau ketika musim hujan tiba. Napas Vita terputus-putus seperti sesak napas dan suka bernapas lewat mulu. Jika sudah begitu, suara dengkuran Vita terdengar hingga kamar Lucia yang terletak bersebelahan.

Hasil riset Muhammad Arman Amar dan rekan dari Bagian Ilmu Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok-Kepala Leher, Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin menyatakan gendang telinga juga bisa terkena imbas pembengkakan adenoid. Tekanan dalam telinga berubah sehingga menimbulkan rasa sakit. Normalnya, tekanan di rongga telinga dalam sama dengan tekanan di luar telinga. Untuk mengurangi tekanan, telinga mengeluarkan cairan.

 

Pembengkakan amandel dan adenoid rentan terjadi pada anak usia 3—10 tahunAntibakteri

Dokter menyatakan infeksi menyebabkan fungsi dan bentuk amandel Vita tidak normal lagi.  Satu-satunya jalan hanya pengangkatan melalui operasi. Esok harinya, dokter langsung menjadwalkan 2 operasi untuk Vita, pengangkatan amandel dan perbaikan tulang hidung agar tidak menyumbat rongga pernapasan.

Untuk mempercepat pemulihan, Lucia memberikan 1 sendok teh madu pelawan 1,5 jam pascaoperasi. Lucia memang rutin mengonsumsi madu pahit itu untuk menjaga stamina tubuh. Sebotol isi 250 ml biasanya habis dikonsumsi selama sebulan.

Pascapembedahan, Vita rutin meminum madu pelawan tiga kali sehari. Pemulihannya jauh lebih cepat, tanpa pendarahan, dan tidak rewel setelah operasi. Dokter pun mengizinkan Vita mengonsumsi es krim cokelat favoritnya sehari pascaoperasi. Sudah begitu, Vita bisa pulang ke rumah 3 hari kemudian. Padahal, normalnya pasien baru diiizinkan pulang seminggu pascaoperasi.

Menurut Suhada, penyeleksi dan penyalur madu hutan Indonesia, madu pelawan berasal dari pohon pelawan Tristanipsus sp yang banyak tumbuh di Provinsi Bangka-Belitung. Lebah hutan mengisap nektar tanaman kerabat jambu biji itu.

Khasiat madu melawan bakteri penyebab infeksi tenggorokan dibuktikan oleh Leanidha Erywiyatno dan rekan dari Jurusan Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Surabaya. Ia membuktikan madu efektif menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus pyogenes penyebab radang tenggorokan. Gejalanya antara lain demam tiba-tiba, nyeri tenggorokan, nyeri ketika menelan, dan mual.

Minuman dingin memicu pertumbuhan bakteri penyebab radang amandelMenurut pakar lebah Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin, Prof Dr Ir Mappatoba Sila, MSc, madu menghambat perkembangan bakteri lantaran kandungan peroksida. Peroksida merupakan hasil samping oksidasi gula. Ion peroksida memecahkan membrane sel bakteri sehingga bakteri itu mati.

Menurut penelitian Ikha Mansoora Siddiqa dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 2010, madu memiliki potensi mencegah serta menghilangkan infeksi pada luka. Mekanisme osmosis madu pada luka membantu pengeringan jaringan yang terinfeksi dan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Pantas bila proses penyembuhan luka pascaoperasi Vita lebih cepat dengan madu pelawan. (Kartika Restu Susilo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tips Mengatur Pola Pakan Tepat untuk Kuda

Trubus.id — Berbeda dengan sapi, kuda termasuk hewan herbivora yang hanya mempunyai satu lambung (monogastrik) sehingga kuda sangat membutuhkan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img