Saturday, August 13, 2022

Coba Sendiri

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

  1. Sebanyak 1,5 kg nanas yang telah dibuang kulit dan mata buahnya dipotong dadu dan dihancurkan sampai halus dengan blender tanpa penambahan air.
  2. Nanas yang sudah hancur disaring untuk mendapatkan sarinya. Dari 1,5 kg nanas didapat 1 l sari buah nanas.
  3. Tambahkan 450 – 500 g gula, 5 – 7,5 g pektin, dan 20 – 35 g agar-agar pada 1 liter sari buah nanas. Pektin sebagai stabilizer mampu mengikat air dan partikel. Sedangkan agar-agar sebagai pengikat sehingga selai bisa dicetak.
  4. Setelah semua bahan tercampur, pemanasan dilakukan pada suhu 105oC atau sampai mendidih sambil terus diaduk.
  5. Setelah 10 menit, tambahkan 1 g asam sitrat, 0,5 g benzoat, dan 1 sendok teh atau 10 g mentega. Asam sitrat menambah rasa asam, benzoat sebagai pengawet. Sementara margarin atau mentega mencegah selai lengket pada cetakan atau loyang.
  6. Lima menit kemudian atau setelah selai mengental, pemanasan dihentikan. Lalu dituang dengan ketebalan 3 mm ke dalam loyang aluminium.
  7. Setelah didinginkan sekitar 60 menit, selai akan mengeras. Saat itu selai dipotong-potong dengan ukuran 8,5 cm x 8,5 cm. Pemotongan bisa dengan pisau atau cetakan aluminium yang telah dibuat sesuai ukuran yang diinginkan. Selai nanas lembaran pun siap dihidangkan. (Nesia Artdiyasa)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img