Friday, August 12, 2022

Dua Lemon Anyar

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Dua lemon baru yang bisa panen sepanjang tahun.

Lemon amerika berukuran besar, tingkat kemasaman tinggi.
Lemon amerika berukuran besar, tingkat kemasaman tinggi.

Aminudin mengambil sebuah lemon berukuran sekepalan tangan lalu mengirisnya menjadi 4 bagian. Ia memotong kecil-kecil seperempat bagian kemudian memasukkan ke botol plastik berkapasitas 800 ml. Pria 34 tahun itu lantas mengisikan air ke dalam botol hingga hampir penuh, menutup, lalu menempatkannya dalam lemari pendingin. Sisanya—tiga per empat bagian—ia simpan kembali dalam lemari pendingin.

Ketika tren gaya hidup sehat makin kuat, Aminudin rutin membuat air infusan atau infussed water setiap malam. Ia membawa air itu ketika berangkat kerja esok hari. Amin mengonsumsi air infusan itu setiap hari. Satu buah lemon jumbo ia gunakan untuk 4 hari. Sementara dengan lemon ukuran biasa, ia memerlukan 1 buah lemon untuk membuat air infusan setiap hari.

Ukuran jumbo
Menurut Aminudin tingkat kemasaman lemon jumbo itu lebih tinggi ketimbang lemon biasa. “Sampai 3 kali ditambah air pun masih terasa masam,” ujar pria 34 tahun itu. Lemon berukuran jumbo, bobot 300 gram per buah, itu belum banyak beredar di pasar lantaran mesti didatangkan dari mancanegara. Harganya pun lumayan mahal, mencapai Rp60.000 per kg berisi 2—3 buah.

Bandingkan dengan harga lemon biasa berbobot 100 gram per buah yang hanya Rp15.000 per kg berisi 8—10 buah. Itu mendorong beberapa pekebun di tanahair membudidayakan lemon jumbo itu. Salah satunya Wongso Suseno di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Wongso menyebutnya lemon amerika, ada juga yang menyebut sebagai lemon kalifornia, ausi, ataupun eureka.

Wongso Suseno bersama istri memanen lemon amerika di lahan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
Wongso Suseno bersama istri memanen lemon amerika di lahan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Wongso mengebunkan lemon amerika sejak Mei 2013. Ia mendatangkan 80 bibit dari Surabaya. Tanaman anggota famili Rutaceae itu mulai berbuah ketika berumur setahun pascatanam. Ia membuang bunga pertama untuk meningkatkan kualitas buah yang muncul setelahnya. Ia baru panen perdana ketika tanaman berumur 1,5 tahun. Pengusaha alumunium di Purwokerto itu memperoleh 200 kg buah per pekan dari 80 batang pohon.

Menurut Wongso lemon bongsor itu tidak memerlukan perawatan khusus. Pria 66 tahun itu memberikan pupuk dasar berupa kompos sebanyak 10 kg per tanaman pada 10 hari sebelum tanam. Selanjutnya ia menambahkan 25 kg kompos per tanaman setiap 3 bulan. Selain pemupukan, ia juga memangkas cabang bawah yang terlalu merunduk ke tanah dan cabang atas yang tingginya lebih dari 1,5 m untuk mempermudah panen.

Penyiangan gulma ia lakukan setiap bulan. Produktivitas juga tidak sembarangan, setiap tangkai menghasilkan 3—5 buah. Setiap panen ia memperoleh 10 kg lemon dari satu pohon. “Saya pernah memanen hampir 1 kuintal dalam 1 pohon,” kata Wongso. Lazimnya tanaman jeruk lemon amerika itu rentan serangan kutu kebul dan ulat jeruk. Untuk memasarkan panenan, beberapa gerai pasar modern di Purwokerto siap menampung. Meski tanpa pengawet, lemon amerika dari kebun wongso mampu tahan 2 pekan.

Timur Tengah

Widhiarto penangkar bibit buah di Purwokerto.
Widhiarto penangkar bibit buah di Purwokerto.

Marlin Purba di Padangbulan, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, menanam lemon timur tengah atau ponkres. Buah lemon itu berukuran kecil, sekilogram terdiri atas 8—10 buah. Citarasa buah enak dengan keasaman rendah sehingga tidak menyebabkan linu di gigi ketika dikonsumsi segar. Lemon asal perbatasan Israel itu adaptif di Indonesia, terbukti mampu menghasilkan buah dengan ukuran dan warna setara lemon impor.

Marlin menanam 130 bibit lemon itu pada 2014. Jarak tanam 3 m x 4 m sehingga total populasi di lahan 5000 m² mencapai 130 tanaman. Ketika tanaman berumur 1,5 tahun ia panen perdana yang menghasilkan 5 kg buah per pekan. Lemon itu berbuah sepanjang tahun dan produktif hingga 8 tahun. Ponkres tidak memerlukan perawatan intensif. Marlin hanya membenamkan 50 kg pupuk kandang per pohon per bulan di sekitar batang sejak tanaman berumur sebulan.

Lemon timur tengah.
Lemon timur tengah.

Ia tidak menambahkan pupuk kimia lantaran, “Pupuk kimia menyebabkan kulit batang pecah, keluar getah, mengundang cendawan, daun menguning, dan mengakibatkan kematian,” kata Marlin. Selain memproduksi buah, Marlin juga melayani penjualan bibit. Permintaan bibit ponkres terbilang tinggi. Setiap bulan ia mampu menjual hingga 1.000 bibit seharga Rp80.000 per bibit.

“Banyak pekebun tertarik dengan harga jual yaitu mencapai Rp60.000 per kg di tingkat petani, sudah begitu perawatanya pun sederhana,” kata Marlin. Widhiarto yang menyediakan bibit lemon amerika juga merasakan tingginya permintaan bibit. Penangkar bibit buah di karanglewas, Purwokerto itu menjual bibit setinggi 35—45 cm seharga Rp30.000—Rp40.000 yang mulai berbuah pada umur 10—12 bulan.

Lemon tumbuh maksimum di dataran tinggi.
Lemon tumbuh maksimum di dataran tinggi.

“Bila ditanam sebagai tabulampot (tanaman buah dalam pot, red) mampu menghasilkan hingga 5 kg buah,” ujar Widhiarto. Namun, ayah 4 anak itu mewanti-wanti bahwa lemon amerika lebih cocok di dataran menengah—tinggi. Jika ditanam di dataran rendah, maka kualitasnya lebih rendah dan jumlah buahnya berkurang. Permintaan bibit yang melonjak seiring dengan tren gaya hidup sehat, yakni konsumsi air infusan.

Vendi Tri Suseno dari PT Laris Manis Utama, importir dan distributor buah segar di Jakarta Utara, menyatakan bahwa permintaan lemon meningkat seiring tren air infusan. Permintaan di waktu normal mencapai 30 ton per bulan. Pada liburan akhir tahun, permintaan meningkat 2 kali lipat. Menurut Vendi pasokan lemon yang berada di pasar baru mengisi 50% permintaan. (Muhammad Awaluddin)

Previous articleYaki Penyebar Biji
Next articleElok Luar Dalam
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img