Monday, November 28, 2022

Hijau di Atas Limbah

Rekomendasi

Multifungsi, bisa dimanfaatkan menjadi pot gantungCiptakan dinding hijau dalam wadah asal limbah. Keelokannya bisa dibawa pindah.

 

R umah kantor di kawasan Jatibening, Bekasi, Jawa Barat, itu terlihat berbeda. Pada salah satu sudutnya terlihat hijau dengan kehadiran taman dinding setinggi 2,5 m. Lili paris, pangkas kuning Duranta sp, puring, bromelia, dan kucai berbaris manis. Kalau bosan dengan suasana itu, pemilik rumah kantor bisa memindahkan taman dinding itu ke sudut lain.

Taman dinding yang disusun dari rangkaian pipa beronggaRudi Wahyudi, olah limbah jadi berkahHarap mafhum, taman dinding itu disusun pada sepuluh rangka besi beroda masing-masing terdiri dari empat pipa berbentuk balok berongga. Dengan bentuk balok berongga lili paris, pangkas kuning, puring, bromelia, kucai, dan tanaman lain bisa ditanam di dua sisi terbuka pipa alias di bagian depan dan belakang. Empat buah roda di kaki kerangka membuat taman dinding gampang dipindah-pindah.

Media ringan
“Ruang terbuka hijau di Jakarta hanya 6%, idealnya 30%,” kata Ir Rudi Wahyudi MM, pencinta lingkungan di Jakarta. Padahal lahan untuk bercocok tanam di ibukota sudah sangat terbatas. Taman dinding menjadi solusi untuk menambah luas ruang hijau secara vertikal.
Rudi membuat wadah tanam berbahan baku limbah plastik dan ban bekas. Pria yang berjanji untuk melakukan hal berguna demi kelestarian lingkungan setelah lolos dari penyakit kanker empedu pada tiga tahun silam itu lalu memroses ulang kedua limbah menjadi bijih plastik bahan cetakan eco recycling mesh pipe alias pipa berongga itu.
Saat membuat taman vertikal, pipa bisa langsung ditempel ke dinding atau disusun dalam rangka besi seperti di rumah kantor di atas. Lalu masukkan media tanam berupa tanah dan sekam ke dalam rongga pipa. “Media taman dinding yang ideal adalah media yang ringan dan tahan lama serta mudah dirawat,” tutur Slamet Budiarto dari nurseri Godong Ijo yang juga mengembangkan sistem taman vertikal. Pemakaian media tanam ringan membuat media tidak mudah merosot ke dasar pipa.
Dr Ir Nurhayati HS Arifin MSc, dosen Arsitektur Lansekap di Departemen Arsitektur Lansekap, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor, mengatakan dalam membuat taman vertikal sebaiknya pilih tanaman herba, berkayu lunak, dan memiliki perakaran yang kuat memegang media. “Jenis tanaman yang menjuntai seperti lili paris dapat dipakai untuk menutup permukaan yang kosong,” katanya.
Tanaman dipangkas rutin supaya pertumbuhannya sesuai dengan desain taman. “Untuk penyiraman dan pemupukan bisa dilakukan secara manual atau dengan menambah pipa irigasi tetes di dalam rongga,” kata Rudi.

Taman modern
Menurut Iwan Irawan, perancang taman di Bandung, Jawa Barat, penggunaan pipa berongga hasil pabrikasi cocok untuk membuat taman modern. “Selain karena hasil pabrikasi yang rapi pas untuk desain taman modern, wadahnya punya nilai tambah karena berasal dari barang yang didaur ulang sehingga ramah lingkungan,” kata aktivis penghijauan lingkungan itu. Harap mafhum sampah plastik sulit terurai.
Dengan keandalan itu perumahan Sentul City, Body Shop, restoran Hema Holland, dan Sekolah Highscope Indonesia tertarik membangun taman dinding ramah lingkungan itu. Gina Ardiany Karsana, presiden direktur Highscope Indonesia mengatakan vertikal garden merupakan cara tepat untuk memulai penghijauan. “Untuk itu dimulai dengan menanam di halaman sekolah,” ujar anggota Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) itu.
Selain menjadi wadah tanam pada taman vertikal pipa berongga itu pun pantas dibuat menjadi semacam bingkai 3 dimensi dan pot gantung. Pada pot gantung semua sisi wadah bisa ditanami. Maka membuat hijau bisa dilakukan di atas wadah limbah. (Pranawita Karina/Peliput: Susirani Kusumaputri)

Keterangan foto

 

  1. Multifungsi, bisa dimanfaatkan menjadi pot gantung
  2. Taman dinding yang disusun dari rangkaian pipa berongga
  3. Rudi Wahyudi, olah limbah jadi berkah
  4. Keempat sisi pipa berongga bisa ditanami dengan cara melubangi sisi yang dikehendaki
  5. Selain dijadikan wadah tanam untuk taman vertikal, pipa berongga bisa menjadi bingkai tanaman 3 dimensi
  6. Bingkai 3 dimensi sebagai interior di teras rumah
Previous articleJemur Agave
Next articleJagoan Atasi Radang Sendi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Bisa Jadi Pilihan Petani, Ini Kelebihan Varietas Cabai Jacko 99

Trubus.id — Pilihan varietas cabai menjadi salah satu penentu hasil panen yang akan didapatkan. Oleh karena itu, petani harus...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img