Sunday, November 27, 2022

Jalan Panjang Panen Sarang

Rekomendasi

Paling tidak ada 5 tahapan terkait pemberian pakan yang perlu dicermati. Saat piyik umur sehari misalnya pakan mrutu harus diberi basah setelah diayak sekali. Frekuensinya 2 kali, pada pukul 07.00 WIB dan 19.00 WIB. Tahap kedua pada umur 2-3 hari pakan diberikan agak basah setelah diayak 2-3 kali. Frekuensinya 4-5 kali. Pakan lebih kering diberikan mulai tahap 4 dan 5 saat walet menginjak umur 19 hari. Semua tahap itu tidak boleh salah karena walet bisa mati, ujar Agung yang merintis walet ternakan itu.

Selain pakan, menurut ayah 2 putra itu walet yang diternak perlu kondisi lingkungan pas. Itu semata-mata bertujuan agar walet merasa tenang dan nyaman. Contoh umur piyik 1-4 hari, dibutuhkan suhu 34ºC dan kelembapan 70-80%. Atau di atas umur 35-42 hari yang perlu suhu 28-30ºC dan kelembapan serupa. Untuk piyik, suhu dan kelembapan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan hidup selanjutnya, tambahnya. Itulah kunci sukses dari penangkaran walet. Berikut tahapan walet diternak sampai siap bersarang.

  1. Pilih telur walet. Di pasar dijual telur walet putih dengan cangkang putih bersih dan walet lumut dengan corak cangkang totol-totol cokelat. Keduanya dapat dipakai sebagai calon walet ternak.
  2. Telur disimpan dalam mesin tetas bersuhu 35ºC dengan kelembapan 80-90%. Telur dirawat dengan membalik sehari 2 kali, pada pukul 07.00 WIB dan 14.00 WIB. Telur akan menetas setelah 12-15 hari.
  3. Piyik umur sehari diletakkan dalam sarang imitasi pada sebuah kotak. Satu kotak berukuran 30 cm x 30 cm dapat diisi piyik umur 1-10 hari sebanyak 30 ekor. Lepas umur 10 hari populasi dijarangkan menjadi 10 piyik per kotak.
  4. Pakan diberikan dengan bantuan pinset. Setelah lewat umur 4 hari walet dilatih makan sendiri dengan cara mendekatkan mrutu ke mulut.
  5. Sampai piyik belajar terbang pada umur 31-42 hari, pakan tetap diloloh.
  6. Setelah walet dewasa pakan diberikan di atas meja yang diletakkan di depan rumah walet.
  7. Setelah dapat makan sendiri di meja, walet perlu dipaksa menyambar pakan yang diberikan dengan cara dilempar ke udara melalui blower.
  8. Walet membuat sarang setelah berumur 3 bulan. Untuk walet dara jangan dilakukan perampasan telur supaya pembuatan sarang lebih cepat. (Dian Adijaya S)

 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Empat Gabus Hias yang Cocok untuk Pemula

Trubus.id — Pehobi pemula perlu memahami jenis gabus hias atau channa. Hal ini karena masing-masing gabus hias memiliki tingkat...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img