Wednesday, February 8, 2023

Jarang Orang Tahu! 7 Fakta Menarik Durian

Rekomendasi

Trubus.id — Durian menjadi salah satu buah populer di Tanah Air. Bentuk dan aroma buahnya yang khas mampu memikat beragam kalangan masyarakat. Selain bisa dimakan saat buah matang segar, durian kerap dinikmati dalam bentuk olahan seperti jus, kue, hingga puding durian.

Durian sering dijuluki sebagai Raja Buah (King of Fruit). Alasan buah khas Asia Tenggara ini dijuluki raja karena bentuknya yang khas (besar dan berduri) serta kaya rasa. Di Indonesia terdapat beragam jenis durian lokal. Mulai dari durian-durian lokal di Pandeglang, Banten, hingga durian lokal Banyuwangi, Jawa Timur.

Terlepas dari itu, ada beragam fakta unik yang menyelimuti Raja Buah ini yang jarang diketahui khalayak umum. Berikut ini 7 fakta durian.

  1. Nama ilmiah durian adalah Durio zibethinus. Nama spesies, zibethinus, pinjaman dari nama ilmiah musang, yakni Viverra zibetha. Musang juga mengeluarkan aroma kuat.
  2. Musang dapat dengan mudah mendeteksi durian dari jarak setengah mil atau 600 meter.
  3. Naturalis asal Inggris Alfred Russel Wallacea pada abad ke-19 menggambarkan daging buah durian seperti puding bercita rasa almon.
  4. Dalam tradisi India, durian dianggap sebagai makanan penghangat seperti kayu manis dan bawang putih.
  5. Durian secara alami kaya akan potasium, serat, zat besi, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Kandungan itu sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otot dan tekanan darah, buang air besar, dan kesehatan kulit.
  6. Faedah konsumsi durian juga mendukung sistem saraf dan kekebalan tubuh, serta meningkatkan pembentukan sel darah merah. Durian kaya akan mangan yang membantu mengatur kadar darah.
  7. Selain buah, bunga dan daun durian juga dapat dikonsumsi. Perasan daun durian berfaedah untuk pengobatan demam.
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Meybi Kantongi Omzet Rp75 Juta Sebulan dari Daun Kelor

Trubus.id — Daun moringa alias kelor bagi sebagian orang identik dengan mistis. Namun, bagi Meybi Agnesya Neolaka Lomanledo, daun...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img