Wednesday, February 8, 2023

Bagus untuk Tumbuh Kembang Anak, Ini 6 Kelebihan Susu Kambing

Rekomendasi

Trubus.id — Sejak puluhan tahun para ahli gizi atau kesehatan telah memperkenalkan susu kambing (goat’s milk) dan kandungannya sebagai makanan/minuman kesehatan yang memiliki manfaat jauh lebih baik dibanding susu sapi.

Susu kambing dapat dijadikan alternatif pengganti untuk orang-orang yang alergi terhadap susu sapi seperti kembung (dyspepsia), sakit perut (colic abdomen), buang-buang air besar (diarrhea), sampai kepada timbulnya bercak-bercak kemerahan pada kulit (rash).

Berikut ini 6 kelebihan susu kambing jika Anda mengonsumsinya.

1. Susu kambing kaya akan jenis protein susu utama (beta casein) yang sama dengan jenis protein susu pada ASI (Air Susu Ibu). Kandungan proteinnya 2 kali lebih tinggi dari susu sapi. Susu kambing merupakan makanan tambahan yang paling sesuai untuk tumbuh kembang anak dan orang-orang yang sibuk di zaman modern.

2. Rantai asam lemak susu kambing lebih pendek dengan ukuran molekul lebih halus dibanding susu sapi sehingga lebih mudah dicerna, serta tidak mengandung Aglutinin, yakni senyawa yang membuat molekul lemak menggumpal seperti yang terjadi pada susu sapi.

Dengan PH lebih tinggi (alkali) sehingga membantu penyembuhan penyakit maag, kembung dan gangguan pencernaan lainnya.

3. Memiliki kandungan kalsium 3 kali dari susu sapi. Susu kambing menyumbangkan 32,6% kalsium dan 27,0% fosfor dari kebutuhan-kebutuhan dasar harian. Adapun susu sapi hanya memberikan 29,7% kalsium dan 23,2% fosfor. Oleh karena itu, susu kambing bagus untuk pemeliharaan kekuatan dan kepadatan tulang.

4. Susu kambing tidak mengandung senyawa alergen pemicu reaksi alergi (beta-lactoglobulin) sehingga lebih aman bila diberikan pada anak-anak dan orang dewasa yang alergi terhadap gula-susu laktosa (lactose intoleran).

5. Rendah kolesterol dan kadar laktosa lebih rendah 13% dibanding susu sapi dan 41% lebih rendah daripada ASI. Susu kambing terbukti mempercepat pembakaran lemak.

6. Kandungan potasium, sodium, dan besi 2 kali dari susu sapi, serta lebih unggul dalam kandungan vitamin seperti A, C, niacin dan riboflavin, B6, B12, mineral sehingga sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan sel otak dan saraf serta membangun/membentuk sel darah dan penawar toksin/racun yang masuk ke tubuh.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Meybi Kantongi Omzet Rp75 Juta Sebulan dari Daun Kelor

Trubus.id — Daun moringa alias kelor bagi sebagian orang identik dengan mistis. Namun, bagi Meybi Agnesya Neolaka Lomanledo, daun...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img