Friday, August 12, 2022

Juara Berekor Delta

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Total 800 ikan meramaikan kontes. (foto : IHA UGM)

TRUBUS — Gupi jenis half black white meraih juara adika menyingkirkan 799 ikan lain.

Gupi jenis red lace, sky blue, dan half black white memiliki keunggulan untuk menjadi juara adika atau grand champion. Lima juri berembuk untuk menentukan juara. “Sosok sky blue amat cantik, ekor red lace delta sempurna, dan half black white merata di semua aspek,” kata juri asal Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Muhammad Gema Ramadhan. Para juri kemudian mencari kekurangan pada masing-masing ikan.

Ikan paling sedikit minus layak meraih adika. “Ikan sky blue ada sedikit sobek pada dorsal, adapun ikan red lace pada bagian sirip ekor ada sebuah tonjolan kecil. Ikan jenis half black white yang menjadi adika,” kata Gema. Penangkar gupi sejak 2018 itu menuturkan, ikan peraih juara adika memang istimewa saat penialaian kontes. Pasalnya, tidak ada minus fatal saat penilaian.

Intensif

Menurut Gema kelebihan ikan half black white memiliki ekor berbentuk delta sempurna. Perpaduan warna pun pas seimbang antara putih dan hitam. “Tuxedonya betul-betul terlihat, warna begitu kontras, warna putihnya bersih dan hitamnya pun pekat,” kata pria kelahiran Kabupaten Bantul, Yogyakarta, 25 tahun silam itu.

Menurut pemilik ikan half black white, Bagus Ulaoska Adhi Setiawan, tidak menyiapkan secara khusus menjelang kontes. “Perawatan rutin harian saja,” katanya. Adhilia—panggilan akrab Bagus Ulaoska Adhi Setiawan—menuturkan, menjaga kualitas air dan pemberian pakan amat menunjang performa ikan. Adhilia minimal menguras air 50% berselang dua hari sekali. Tujuannya agar kualitas air tetap terjaga.

Gupi half black white kampiun milik Bagus Ulaoska Adhi Setiawan.(foto : Adhilia Guppy)

Kualitas air terjaga mengoptimalkan oksigen terlarut dan mencegah perkembangan bibit penyakit. Adapun pakan berupa artemia. Pehobi asal Kota Semarang, Jawa Tengah, itu memberikan satu sendok teh artemia untuk populasi 15 ikan. Frekuensinya 4 kali sehari pada pukul 08.00, 12.00, 16.00, dan 19.00. Menurut Adhilia artemia berperan mengoptimalkan panjang tubuh dan ekor ikan.

Selain itu pemilihan kaca akuarium juga memengaruhi kulitas warna ikan. Contohnya jika memilih kaca akuarium bening gelap merangsang warna ekor kebiruan. Sebaliknya akuarium berkaca gelap justru menyebabkan perubahan warna ikan dari putih menjadi kekuningan. Mestinya putihnya tetap bersih, tidak kekuningan. “Jika akuarium bening terang akan menghasilkan warna putih terang juga,” kata pehobi gupi sejak 2017 itu.

Lantas bagaimana dengan warna hitam pekat? Menurut Adhilia warna hitam dominan dipengaruhi oleh genetik. Salah satu cara mencetak jenis tuxedo atau half black unggul dengan memilih induk betina yang memiliki genetik hitam pekat kuat. Rahasia Adhilia membentuk ekor delta optimal 90 derajat dengan mengatur gelembung. Ketika ikan berumur kurang dari 3 bulan, Adhilia menggunakan aerator bergelembung kecil.

Ia memakai aerator bergelembung besar untuk ikan berumur di atas 3 bulan. “Jika dari kecil sudah memakai gelembung besar ukuran ekor bisa lebih dari 90 derajat,” katanya. Menurut ketua panitia, Dedy Ardyanto, semula kontes hanya tingkat regional. Namun, animo para pehobi amat besar sehingga panitia sepakat meningkatkan cakupan menjadi se-Pulau Jawa. “Saat penyelenggaraan mungkin cakupan nasional karena ada peserta dari Bali bersikeras ikut kontes,” katanya.

Istri Bagus Ulaoska Adhi Setiawan, Estika Yuliani, mewakili saat pengambilan piala.(foto : Adhilia Guppy)

Ardyanto menuturkan, jumlah peserta di atas kuota. Semula panitia hanya memperkirakan 600 ikan. Namun, saat pelaksanaan jumlah peserta 800 ikan terbagi menjadi 22 kelas. Para pehobi berasal dari Kota Tangerang, Banten, Bandung (Jawa Barat), Semarang (Jawa Tengah), dan Denpasar (Bali). Acara pada Ahad, 13 Juni 2021 di Pendopo Dusun Kadisoro, Desa Gilangharjo, Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul, Yogyakarta itu diselenggarakan oleh gabungan pencinta ikan hias Yogyakarta dan Universitas Gadjah Mada. (Muhamad Fajar Ramadhan)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img