Thursday, July 25, 2024

Kelebihan Melon Hikapel, Melon Mungil Seperti Apel dari UGM

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Melon hikapel memiliki karakter unik, berbeda dengan melon-melon pada umumnya. Dari segi ukuran, melon hikapel hanya berbobot 300–800 gram per buah. Untuk rasa, masih seperti melon pada umumnya dan beraroma harum.

Menurut Prof. Dr. Budi Setiadi Daryono., M.Agr.Sc, pemulia melon hikapel, meskipun berukuran kecil, melon ini tetap manis. Adapun warna daging buahnya berbeda dengan melon pada umumnya yang berwarna hijau. Melon hikapel memiliki daging buah berwarna oranye.

“Melon hikapel mengandung senyawa betakaroten yang cukup tinggi dan berguna bagi kesehatan mata, kaya antioksidan serta mengandung vitamin C dan beberapa mineral lainnya,” kata Dekan Fakultas Biologi UGM ini.

Mengutip dari laman resmi UGM, kulit melon hikapel memiliki gradasi warna dari krem hingga oranye. Gradasi warna tersebut menjadi penanda tingkat kematangan buah.

Hikapel bisa dikonsumsi ketika kulit buah sudah berwarna krem, tetapi untuk mendapatkan rasa  manis yang sempurna carilah hikapel dengan warna kulit yang telah berubah menjadi oranye.

Selain sarat kandungan gizi, melon hikapel juga memiliki masa tanam yang relatif lebih cepat dibanding melon umumnya, yakni hanya 60 hari. Sementara itu, tanaman melon biasanya memiliki masa tanam 90 hari.

Kelebihan lain, harga jual melon hikapel terbilang tinggi. Untuk area Yogya, harga jual melon hikapel Rp35.000 per kilogram. Adapun melon biasa hanya Rp10.000 per kilogram.

Menurut Budi, kehadiran melon hikapel disambut positif oleh masyarakat. Itu terbukti saat melon hikapel berhasil menembus pasar perdagangan buah yang cukup kompetitif. Tidak hanya bisa ditemui di Yogyakarta, buah ini telah banyak dijumpai di sejumlah swalayan atau retail di Jawa Tengah dan Jabodetabek.

Selain itu, melon hikapel juga tengah dikembangkan menjadi salah satu produk ekspor buah-buahan Indonesia. Melalui kolaborasi dengan beberapa perusahaan nasional dan internasional, Budi dan tim bergerak memproduksi buah dalam skala besar dan memasarkan untuk konsumen dalam dan luar negeri.

Tidak hanya mengembangkan produk buah, Budi dan tim juga menjalin kerja sama dengan mitra dalam pengembangan benih melon hikapel. Dengan begitu, benih melon ini juga siap untuk dipasarkan sebagai benih unggul untuk menguatkan industri benih nasional.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kembangkan Kelapa Genjah Merah Bali, Pekebun Panen Lebih Cepat

Trubus.id—Gede Sukrasuarnaya kesengsem penampilan kelapa genjah merah bali. “Warnanya cantik jingga kemerahan. Buahnya lebih banyak dan lebih besar dibandingkan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img