Tuesday, August 9, 2022

Kenali Pohon Inang

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Tamarindus indicaMengeksplorasi anggrek di alam penuh ketidakpastian. Setelah menempuh perjalanan jauh, adakalanya tak satu pun anggrek yang ditemukan. Frankie Handoyo yang kerap menjelajah anggrek memiliki kiat agar pencarian berlangsung efektif. Salah satunya adalah mengenali karakter pohon inang yang kerap menjadi tempat tumbuh anggrek.

Menurut Frankie, pohon yang memiliki tekstur batang kasar, seperti pohon asam Tamarindus indica, berpeluang besar menjadi inang anggrek. Permukaan batang yang kasar dapat menahan biji anggrek yang terbang. Pohon aren juga menjadi favorit anggrek berkembang biak karena terdapat bekas potongan pelepah daun. Di sela-sela pelepah itu biasanya anggrek tumbuh subur. Di Tomohon, Frankie menemukan pohon aren yang dihuni hingga 7 jenis anggrek.

Beberapa jenis anggrek memiliki simbiosis mutualisma dengan beberapa inang tertentu. Misalnya Phalaenopsis amabilis, paling sering dijumpai menempel pada batang pohon laban Vitex pinnata. Menurut Ir Agus Hermawan MS, dosen biologi tanah Jurusan Tanah, Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya, kemungkinan simbiosis itu terjadi karena ketersediaan cendawan mikoriza pada tanaman tersebut. Cendawan berperan membantu penyerapan unsur hara anggrek sehingga tumbuh lebih optimal. Mikoriza khas itulah yang disukai amabilis untuk tumbuh dan berkembang biak. (Imam Wiguna)

Previous articleSi Liar Bersolek
Next articleNirwana di Tiga Loka
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img