Friday, August 12, 2022

Khasiat Terbukti Sepanjang Masa

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Asih Susilowati merasakan betul khasiat kurkumin yang terkandung dalam rimpang kunyit ketika keguguran pada kehamilan pertama. “Maret 2008 itu kami sekeluarga menghadiri undangan ke pernikahan kerabat di Bandung. Sepulang dari sana istri saya mengeluhkan kandungannya,” ujar Santosa, suami Asih. Asih menduga, kandungannya yang berusia 3 bulan bermasalah karena kecapaian usai perjalanan Indramayu—Bandung itu.

Apalagi saat itu mereka melewati Cadas Pangeran yang berliku-liku. Usai menghadiri resepsi, Asih mulai mengalami flek dan berangsur-angsur menjadi pendarahan hingga menyerupai menstruasi. Khawatir keselamatan janinnya terancam, Asih memeriksakan diri ke dokter kandungan pada Selasa, tepat 2 hari sepulang dari Bandung.

“Menurut dokter, kondisi kandungan istri saya relatif aman, sehingga dokter hanya memberikan vitamin dan penguat kandungan,” ujar Santosa. Namun, Tuhan berkehendak lain. Pada tengah malam, Asih merasa mulas tak tertahankan. Hingga akhirnya pada pukul 01.00, ia keguguran. Bidan menyarankan Asih menjalani kuret untuk membersihkan kandungannya.

Rimpang kunyit

Menurut dr Nurwansyah SpOG, pada saat keguguran kemungkinan jaringan seperti ari-ari atau plasenta masih tersisa di rahim. Oleh karena itu, perempuan hamil yang keguguran perlu menjalani kuret. “Jika tidak dikuret atau proses kuret tidak bersih, berisiko mengalami pendarahan, infeksi, hingga kanker,” ujar dokter spesialis kandungan dan kebidanan di Rumahsakit Harapan Kita dan Rumahsakit  Asih, Jakarta, itu.

Meski telah menjalani kuret, Asih tetap mengalami pendarahan sehingga dokter menyarankan kuret ulang untuk kedua kali. Bersamaan dengan itu, Asih dan suami harus kembali ke rumah Santosa di Wonogiri, Jawa Tengah. Perempuan 32 tahun itu pun urung menjalani kuret. Untuk menuntaskan masalah itu, Asih menemui herbalis Lina Mardiana yang berpraktek di Wonogiri. Lina memberikan resep minuman berbahan kunyit. “Saya minum 1 botol per hari,” ujar Asih.

Selama mengonsumi ramuan kunyit, sisa-sisa kandungan yang menyerupai darah kental mulai keluar. Setelah 3 hari meminum ekstrak kunyit itu, pendarahannya mulai berkurang dan berhenti. Asih pun memeriksakan kembali dirinya ke dokter. “Dokter menyatakan kandungan istri saya sudah bersih,” ujar Santosa. Lina kemudian menyarankan Asih mengonsumsi daun kelor untuk membantu produksi sel darah merah akibat kehilangan darah saat keguguran, memperkuat rahim, dan saluran indung telur.

Pada Mei 2008, Asih hamil kembali dan sembilan bulan kemudian melahirkan seorang bayi perempuan dengan selamat. Menurut National Library of Medicine, National Institutes of Health, Amerika Serikat, kunyit dapat menstimulasi uterus alias rahim berkontraksi dan mengakibatkan pendarahan. Oleh karena itu konsumsi kunyit tidak disarankan bagi perempuan hamil.

Pada kasus Asih yang telah mengalami keguguran, kontraksi uterus justru menyebabkan sisa kandungan di rahim keluar dan mengakibatkan pendarahan. Namun, ketika sisa kandungan sudah bersih pendarahan pun berhenti.

Sejak dahulu

Masyarakat di berbagai negara memanfaatkan rimpang tanaman anggota famili Zingiberaceae itu untuk mengobati beragam penyakit. Secara tidak langsung masyarakat mengenal efek kunyit yang menstimulasi uterus. Buktinya masyarakat Jawa, misalnya, memanfaatkan jamu kunyit asam untuk mengurangi nyeri haid dan memperlancar menstruasi.

Menurut penelitian Evi Mintowati Kuntorini dari Jurusan Biologi, Universitas Lambung Mangkurat, masyarakat di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, juga akrab dengan kunyit. Bahkan, berdasar penelitian Evi, kunyit merupakan herbal dari suku jahe-jahean yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Banjarbaru.

Kitab pengobatan yang pertama kali ditulis di India pada 5.000 tahun silam, Ayurveda, juga mencatat pemanfaatan Curcuma longa itu sejak ribuan tahun silam di antaranya untuk mengobati gangguan hati, luka akibat diabetes, dan rematik. Kunyit juga merupakan salah satu rempah utama dalam masakan India. Pengobatan tradisional Tiongkok juga memanfaatkan kunyit untuk memperlancar haid, mengobati luka bengkak, tumor, serta pembengkakan di perut.

Dalam dunia pengobatan modern, khasiat kunyit pun telah banyak diteliti. Kandungan utama kunyit yang berkhasiat dalam pengobatan adalah senyawa kurkumin yang memberikan warna kuning. Para peneliti di Tiongkok, India, dan Inggris menguji praklinis dan klinis. Mereka membuktikan bahwa kurkumin berkhasiat untuk mencegah dan membantu penyembuhan pasien kanker payudara, kanker ovarium, kanker prostat, leukemia, kanker paru-paru, dan kanker pankreas.

Berdasar berbagai penelitian, kurkumin juga terbukti berkhasiat analgesik alias mengurangi rasa sakit, antiinflamasi, dan berpotensi sebagai terapi bagi penderita osteoartritis dan rematik. Beberapa uji klinis juga menyebutkan bahwa kerabat jahe itu  berpotensi untuk mengobati hiperkolesterolemia, atherosklerosis, hingga psoriasis. (Tri Susanti/ Peliput: Dian Diani Tanjung)

 

Asih dan suami kembali dikarunia seorang putri yang lahir pada awal 2009

Curcumin senyawa utama dalam kunyit yang berkhasiat dalam pengobatan beragam penyakit

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img