Thursday, February 9, 2023

Kiat Memilih Pupuk Organik yang Baik

Rekomendasi

Trubus.id — Memilih pupuk menjadi hal penting untuk mendapatkan hasil panen optimal. Hal ini karena pemberian pupuk berkaitan dengan terpenuhinya nutrisi tanaman. Di tengah ancaman krisis pupuk, pemilihan pupuk organik bisa jadi pilihan.

Pupuk organik juga bermanfaat mampu memperbaiki tekstur tanah. Lantas, pupuk organik seperti apakah yang bisa memperbaiki tekstur tanah?

Pilihlah pupuk organik padat lantaran lebih cepat memperbaiki tekstur tanah. Pupuk padat diberikan dengan mencampurkan langsung dalam tanah. Pupuk organik yang baik bertekstur lembut, tidak menggumpal, dan tidak busuk.

Ketika memilih pupuk organik cair, hindari memilih pupuk berbau menyengat mirip urine sapi. Itu menunjukkan proses pembuatannya belum sempurna. Jika proses fermentasi sempurna, pupuk tak beraroma menusuk. Pengaplikasian pupuk cair dengan cara disemprotkan atau disiramkan.

Bila memilih pupuk organik bermerek, perhatikan kemasannya. Pilih yang kandungan karbon organiknya lebih dari 12 persen. Jika terpaksa membeli pupuk organik tanpa kemasan, tanyakan kadar organik kepada produsen atau distributor.

Selain itu, sebaiknya pilih pupuk yang terdaftar di Kementerian Pertanian, agar kualitasnya terjamin. Jangan lupa untuk mengecek hasil laboratorium dan sertifikasi amannya.

Sayangnya, banyak produsen yang tak mencantumkan komposisi bahan baku di kemasan. Itulah sebabnya, pada kasus tertentu, sulit memilih pupuk organik berkualitas hanya dengan melihat kemasan.

Pekebun atau petani tidak menggunakan satu merek pupuk organik terus-menerus. Semua pupuk organik mengandung unsur hara makro dan mikro dengan kadar berbeda. Penggunaan satu merek tertentu secara terus-menerus menyebabkan keseimbangan mikroba terganggu. Oleh karena itu, penggunaannya harus bervariasi agar produksi maksimal.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Racikan Bahan Alami Berkhasiat Perlu Dilakukan Pengujian Terlebih Dahulu

Trubus.id — Apa saja yang dipetik dari alam tidak serta-merta tergolong jamu. Suatu racikan alami dari berbagai jenis daun,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img