Sunday, November 27, 2022

Konsultasi RS Bethesda

Rekomendasi

R Broto Sudibyo BSc
Penyakit yang diderita suami Anda kemungkinan polio. Jadi, perlu banyak latihan berdiri dan berjalan agar aliran darah tidak terhambat. Selain itu, suami harus diberi dukungan agar tidak patah semangat. Untuk mengatasinya, suami Anda dimandikan dengan ramuan berikut.

Resep 1
Untuk mandi
Bahan
– Daun jeruk bali 20 lembar
– Daun legundi 3 genggam
– Tanaman puyang 1 batang

Cara membuat
Cuci semua bahan lalu dicacah. Rebus dalam 7 liter air hingga mendidih. Setelah mendidih, saring dan campur dengan air dingin hingga hangat. Air rebusan hangat itu disiramkan mulai dari tengkuk hingga ujung kaki sambil diurut. Sesudah itu tubuh dikeringkan dan diolesi dengan param dari bahan berikut.

Resep 2
Untuk dioleskan
Bahan
– Daun kemangi dengan tangkainya 1 ikat
– Rimpang kencur 5 biji
– Rimpang puyang emprit 3 jari
– Beras ? gelas
Cara membuat
Semua bahan ditumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit air lalu oleskan pada lutut hingga telapak kaki. Lakukan 3 kali dalam seminggu setiap pagi dan sore.***

Keguguran
Saya 40 tahun. Selama ini haid tidak teratur dan lebih dari 5 kali keguguran. Saat haid perut mual dan mulas hingga 3 hari. Pinggang kiri belakang terasa panas dan perut kiri bawah sering sakit dan kram. Mohon resep untuk mengatasi penyakit itu.

Ny Camelia
Jl. Halim Perdanakusuma 1
Kediri, Jawa Timur

Broto Sudibyo BSc
Kemungkinan penyakit ibu adalah kista, endometriosis, atau tumor. Sebab, penyakit itu dapat menyebabkan janin menjadi lemah. Namun, agar lebih jelas sebaiknya diperiksakan ke dokter. Hindari mengkonsumsi ikan air tawar, ikan laut, kubis, durian, dan nangka muda. Bagian pusar ke bawah tidak boleh dipijat. Untuk mengatasi keluhan yang ibu alami, bisa dicoba resep berikut.

Resep 1
Bahan
– Batang dan daun benalu yang dicacah ? genggam
– Rimpang temuputih sebesar telur itik 1 biji
– Rimpang temumangga sebesar telur ayam 1 biji
– Daun sambiloto 11 lembar

Cara membuat
Kupas temuputih dan temumangga, cuci, lalu iris tipis. Rebus dengan bahan lain ke dalam 5 gelas air hingga mendidih dan tersisa 4 gelas. Setelah dingin, angkat, saring, kemudian diminum 3 kali sehari masing-masing 2/3 gelas setelah makan. Lakukan hingga sebulan.

Resep 2
Bahan
– Daun tapakdara (dari bunga yang putih) 11 lembar
– Daun sendokan 7 lembar
– Rimpang kunyit sebesar telur ayam 1 biji
– Rimpang kunyit putih sebesar kelereng 7 biji
Cara membuat
Kupas kunyit, cuci, lalu iris tipis. Rebus dengan bahan lain ke dalam 5 gelas air hingga medidih dan tersisa 4 gelas. Setelah dingin, angkat, saring, kemudian diminum 3 kali sehari masing-masing 2/3 gelas setelah makan. Lakukan hingga sebulan.***

Serviksitis
Pada 7 September 2005, saya (37 tahun) melakukan kuret akibat janin tidak berkembang. Mungkin karena kuret kurang bersih, masih terjadi flek dan perut bagian bawah terasa sakit. Pada 30 November 2005 saya dikuret ulang oleh dokter yang sama. Setelah itu, dilakukan pemeriksaan patologi dengan hasil: tidak tampak tanda ganas. Setelah saya dites papsmear pada Januari 2006, hasilnya terdapat radang di mulut rahim (serviksitis). Mohon resep untuk mengobati penyakit itu.

Sitti Nurul Kamariah
Jl. Dr Susilo No. 107/83 Pahoman
Bandarlampung 35213

R Broto Sudibyo BSc
Penyakit serviksitis perlu pengobatan teratur dan berpantangan ketat. Hindari mengkonsumsi ikan air tawar dan air laut. Jangan memijat perut bagian bawah. Untuk mengatasinya bisa dicoba resep berikut.

Resep 1
Bahan
– Batang dan daun benalu jeruk nipis yang dicacah 1 genggam
– Rimpang temuputih sebesar telur ayam 1 biji
– Daun sambiloto segar 11 lembat
– Meniran (dengan akarnya) 2 batang
Cara membuat
Kupas temu putih, cuci, lalu diiris tipis. Rebus semua bahan dalam 5 gelas air hingga mendidih dan tersisa 4 gelas. Setelah dingin, angkat, saring, kemudian minum 3 kali sehari masing-masing 2/3 gelas sesudah makan. Lakukan hingga sebulan. Sehabis berurine, cuci vagina dengan air rebusan daun sirih.***

Kista pada Ginjal

Saya 43 tahun dan sudah lama menderita hipertensi. Baberapa waktu lalu, saya diperiksa dokter internis dan hasilnya terdapat benjolan (kista) pada ginjal. Menurut dokter, kista itu bisa menyebar dan mempengaruhi fungsi ginjal. Mohon resep agar kista tidak bertambah.
Sugijanto Darmadi
Jl. Pataruman No. 57
Banjar 46322

Broto Sudibyo BSc
Perlu segera diobati agar kista tidak berkembang. Hindari mengkonsumsi makanan berlemak, ikan air tawar, ikan laut, kubis, kangkung, nangka muda, kopi, dan air teh pekat. Perbanyak minum air putih dan pinggang jangan dipijat. Untuk mengobatinya, bisa dicoba resep berikut.

Resep 1
Bahan
– Batang dan daun benalu jeruk nipis yang dicacah 1 genggam
– Daun sendokan segar 7 lembar
– Daun pegagan dengan tangkainya 11 lembar
– Rimpang temuputih sebesar telor itik 1 biji

Cara membuat
Kupas temuputih, cuci, lalu diiris tipis. Rebus dengan bahan lain dalam 5 gelas air hingga mendidih dan tersisa 4 gelas. Setelah dingin, angkat dan saring, lalu diminum 3 kali sehari masing-masing 2/3 gelas. Lakukan selama sebulan.

Resep 2
Bahan
– Daun pegagan segar dengan tangkainya ? genggam
– Meniran (dengan akarnya) 2 batang
– Akar alang-alang (kulit arinya dibuang) 7 jengkal
– Rimpang temumangga sebesar telur itik 1 biji
Cara membuat
Kupas temumangga, cuci, lalu diiris tipis. Rebus dengan bahan lain dalam 5 gelas air hingga mendidih dan tersisa 4 gelas. Setelah dingin, angkat dan saring, kemdian diminum 3 kali sehari masing-masing 2/3 gelas. Lakukan selama sebulan.***

 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Empat Gabus Hias yang Cocok untuk Pemula

Trubus.id — Pehobi pemula perlu memahami jenis gabus hias atau channa. Hal ini karena masing-masing gabus hias memiliki tingkat...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img