Sunday, July 14, 2024

Manfaat Mengkudu untuk Mengatasi Hama dan Penyakit Tanaman

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Mengkudu bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Melainkan, berdasarkan beberapa fakta ilmiah mengkudu juga bermanfaat untuk tanaman. Seperti mencegah serangan penyakit antraknosa dan menghalau serangan tikus.

Mengatasi antraknosa

Penyakit antraknosa Colletotrichum gloeosporioides kerap menyerang tanaman, seperti alpukat. Gejalanya membentuk bintik-bintik kecil kehitaman berisi spora pada daun. Dampaknya tunas muda tak berkembang dan akhirnya pohon mati.

Ekstrak buah mengkudu Morinda citrifolia berkonsentrasi 10% ampuh mencegah serangan penyakit itu. Gerus 100 g mengkudu tua yang dikeringkan dan tambahkan seliter air. Siramkan ekstrak mengkudu itu keesokan harinya di bagian tanaman yang terserang.

Hasil penelitian Ketut Suwarta dari Laboratorium Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Lampung, ekstrak itu mampu menekan tingkat serangan dengan cara memperpanjang masa inkubasi cendawan.

Mengusir tikus

Buah mengkudu manjur mengusir tikus sebagaimana riset mahasiswi dari Departemen Proteksi Tanaman Institut Pertanian Bogor, Sonya Suci Ramadhani. Ia memblender mengkudu masak dan air. Konsentrasi mengkudu 70%.

Sonya lantas mengoleskannya di bagian dalam nampan plastik berukuran 30 cm x 25 cm x 15 cm dan memasang terbalik. Hasilnya tikus menjauh. Blenderan mengkudu dapat digunakan untuk memanipulasi pola konsumsi vertebrata hama sehingga dapat menurunkan tingkat kerusakan.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Khasiat Daun Ketepeng Cina, Berpotensi Kendalikan Kadar Kolesterol Darah

Trubus.id—Daun ketepeng cina berpotensi menurunkan kadar kolesterol darah. Itulah hasil riset Nisa Khoirila dan Muhammad Walid dari program Studi...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img