Tuesday, July 23, 2024

Membuat Pelet Ikan dari Kotoran Sapi

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Siapa sangka kotoran sapi bisa diolah menjadi pelet pakan ikan. Sebelum diolah, kotoran sapi mesti dikeringkan hingga kadar air berkisar 10%. Caranya, kotoran dijemur 5–7 hari atau dipanaskan dalam oven bersuhu 50°C selama 4–6 jam.

Selain mengurangi kadar air, penjemuran bertujuan menguapkan gas metana. Gas itu beracun karena lebih ringan daripada oksigen sehingga lebih mudah diikat darah. Ikan yang keracunan metana bakal mati. Pelet kotoran sapi tetap memakai tambahan bahan lain.

Supaya berbentuk pelet, bahan jadi dimasukkan ke mesin granulator atau dibuat bulatan-bulatan secara manual. Setelah berbentuk bulatan, pelet dijemur seharian atau dipanaskan selama 15–20 menit dalam oven bersuhu 90°C untuk mengurangi kadar air hingga kurang dari 10%.

Itu supaya pelet dapat mengapung saat ditebar. Lantaran kotoran sapi kering mudah hancur, peternak dapat menambahkan limbah molase sisa pembuatan bioetanol. Fungsinya sebagai perekat sehingga kotoran sapi mudah dibentuk menjadi pelet. Kalau tidak ada molase, gunakan saja air kelapa atau putih telur. Air kelapa bisa dikumpulkan dari pedagang pasar, sedangkan putih telur bisa didapat dari warung penjual jamu.

Persoalan berikutnya adalah mendongkrak kandungan gizi. Hal ini karena pakan ikan mesti mengandung 20–60% protein, 4–8% lemak, 30% karbohidrat, vitamin, serta mineral.

Untuk menyelesaikan masalah itu, peternak dapat memilih ikan rucah untuk mengatrol protein dan lemak, sedangkan bekatul menaikkan kadar karbohidrat. Mineral dan vitamin sudah tercakup dari bahan perekat—baik menggunakan molase, air kelapa, maupun putih telur.

Pelet asal kotoran sapi punya berbagai kelebihan. Di antaranya mudah dibuat, bahan mudah diperoleh, murah, dan dapat memangkas biaya produksi. Kotoran sapi mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi ikan. Utamanya, protein, serat, dan beberapa jenis mineral. Namun, disarankan pada peternak agar tidak memberikan kotoran sapi segar.

Setidaknya, fermentasikan dulu agar kandungan metana menguap. Jika sudah terfermentasi, apalagi ditambah nutrisi dari air kelapa dan ikan rucah dan dibentuk menjadi pelet terapung, kotoran sapi layak menjadi alternatif untuk pakan ikan. Lantaran kering, pelet itu tahan simpan sampai 1 tahun.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Pakai IoT di Kebun Jeruk, Hasil Panen Optimal

Trubus.id—Penggunaan internet of things (IoT) untuk pertanian turut membantu meningkatkan hasil panen dan kualitas produk. Pekebun jeruk di...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img