Friday, December 2, 2022

Memperbanyak Begonia

Rekomendasi

semperflorens1jiSelama ini begonia diperbanyak dengan setek daun. Sedikit yang memperbanyak dengan umbi dan biji. Yang diperbanyak melalui umbi memang jenis berumbi seperti B. tuberosa. Caranya belah umbi seperti halnya tanaman hias gloxinia yang memiliki tunas adventif. Perbanyakan biji hampir dapat dilakukan pada semua jenis begonia yang berbunga, terutama pada golongan semperflorens begonias. Sayang tidak semua jenis begonia dapat melakukan penyerbukan akibat morfologi bunga yang kecil dan mudah rontok. Putik dan benang sari jarang matang bersama-sama pun membuat tanaman sulit menghasilkan biji.

Pada perbanyakan biji, buah dipetik saat matang kelamin—ditandai mekarnya bunga. Lalu masukkan biji kedalam kantong-kantong kertas. Jemur 1—2 hari sampai kering. Biji disemai pada pot berisi media kompos steril, lalu ditutup plastik. Setelah 1–2 minggu atau tampak bibit keluar, bukalah plastik dan lakukan penjarangan dengan memindahkan sebagian bibit ke polibag lain.

Previous articleSerama: Terkecil di Dunia
Next articleBelang Cantik
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Terluka dan Tidak Bisa Terbang, Petugas Mengevakuasi Burung Rangkong

Trubus.id — Petugas Balai Besar KSDA Sumatra Utara, mengevakuasi burung rangkong yang ditemukan terluka di kawasan konservasi Suaka Margasatwa...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img