Saturday, December 3, 2022

Merawat Kucing Ras Sphynx Kualitas Kontes

Rekomendasi

Trubus.id — Perlu perawatan ekstra untuk kucing kualitas kontes. Tentu dengan jenis ras yang berbeda-beda menjadi tantangan tersendiri bagi pehobi kucing. Tak terkecuali, perawatan pada kucing ras sphynx yang berbulu sedikit.

Eddy Suyanto, pehobi kucing ras sphynx di Bekasi, Jawa Barat, memiliki cara sendiri untuk merawat kucing kesayangannya. Ia kerap memutarkan musik supaya kucing terbiasa dengan suasana ramai.

“Agar dia tidak kaget saat di tempat kontes,” kata Eddy.

Ia juga membiasakan klangenannya berinteraksi dengan orang agar saat di meja juri nyaman dan atraktif ketika juri mengajaknya bermain. Selain itu, ia menjaga agar cat room tetap bersih, tidak ada benda tajam, dan bebas dari nyamuk.

“Tujuannya supaya kulitnya tetap mulus tidak ada luka. Itu jadi penilaian juri juga,” jelas pehobi kucing sejak 2011 itu.

Untuk perawatan harian, ia memandikan kucing menggunakan air hangat dengan sampo bayi dan mengeringkannya dengan handuk. Ia melilitkan handuk ke badan kucing. Selanjutnya, mendiamkannya selama 5–10 menit agar badannya kembali hangat. Setelah itu, handuk baru dilepas.

Sepekan sekali kucing dimandikan. Saat mendekati kontes ia memandikannya 4 hari sekali. Di samping itu, Eddy rutin membersihkan telinga dan kuku. Pemberian nutrisi pakan penting diperhatikan. Ia memberikan dry food sebagai pakan. Pemberian dry food setiap pagi, siang, dan malam.

“Kebetulan cocoknya dry food,” tuturnya.

Dengan perawatan seperti itu, salah satu kucing ras sphynx kesayangannya yang bernama Bonbar Senopati Lalisa Manoban, tercatat menjadi kampiun kontes yang digelar di Mal City Centrum Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, pada 11–12 Juni 2022 lalu.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Alasan UGM Mendorong Konversi LPG ke Kompor Listrik

Trubus.id — Ketergantungan penggunaan kompor gas LPG terus meningkat. Itu yang menjadi salah satu alasan Pusat Studi Energi (PSE)...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img