Tuesday, February 27, 2024

Minyak Kelapa Lebih Sehat, Makin Gurih

Rekomendasi
- Advertisement -
Minyak kelapa melezatkan makanan dan kaya gizi.

Minyak kelapa melezatkan makanan dan kaya gizi

Trubus — Asap meliuk ke udara ketika pempek itu terpotong. Aroma khas penganan dari Sumatera Selatan itu menguar. Cita rasa pempek lebih lezat dan renyah karena Lily menggorengnya dengan minyak kelapa. Pedagang di Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat, itu selalu menggunakan minyak kelapa agar, “Kualitas masakannya lebih renyah dan garing. Pernah beberapa kali menggunakan minyak lain, hasilnya kurang renyah.”

Kelebihan lain minyak kelapa masakan tidak mudah gosong meskipun memasak berulang-ulang. Lily. Ibu 2 orang anak itu menggunakan minyak kelapa sejak 1982. Menurut Lily pempek yang digoreng dengan minyak kelapa lebih awet. Harap mafhum, ia acap kali mengirim penganan itu ke mancanegara seperti Australia, Kanada, Selandia Baru, dan Korea Selatan.

Multifaedah

Lily menggoreng pempek setengah matang dengan minyak kelapa. Pembeli tinggal memasak ulang jika hendak mengonsumsi. “Dengan minyak kelapa bisa awet hingga sepekan, sehingga tidak risau saat pengiriman,” kata Lily. Menggunakan minyak lain ketahanan kurang dari sepekan.

Menggoreng menggunakan minyak kelapa lebih sehat dan gurih.

Menurut ahli Gizi di Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Ali Khomsan, penetrasi lemak jenuh minyak kelapa pada bahan makanan yang digoreng menyebabkan rasa makanan menjadi gurih. Menurut Ali minyak kelapa didominasi lemak jenuh dengan kandungan dominan 80% palmitat. Namun, sifat lemak jenuh nabati berbeda dengan hewani sehingga dampaknya terhadap peningkatan kolesterol sangat berbeda.

Lemak pangan hewani yang jenuh bisa menyebabkan peningkatan kolesterol lebih tinggi. Secara fisik minyak kelapa akan mudah beku bila disimpan pada suhu dingin karena sifat lemaknya yang jenuh. Adapun minyak lain relatif tidak mudah membeku. Menurut dokter sekaligus herbalis di Malang, Jawa Timur, dr. Zainal Gani, minyak kelapa sebagai minyak goreng paling bagus dibandingkan dengan minyak lainnya.

Lily (kiri) dan suami menggunakan minyak kelapa untuk memasak sejak 1982.

Jika dirinci keunggulan minyak kelapa hingga 75 macam. Salah satunya antikolesterol. “Minyak kelapa asalnya dari tanaman, semua jenis tanaman tidak mengandung kolesterol,” katanya. Namun, Zainal menyarankan agar tidak takut oleh kolesterol. Musababnya kolesterol justru bermanfaat bagi tubuh. Kolesterol bahan dasar produksi hormon dalam tubuh.

Menurut peneliti di Balai Penelitian Tanaman Palma, Manado, Sulawesi Utara, Stevie Karouw dan Budi Santosa, minyak kelapa kaya Asam Lemak Rantai Medium (ALRM). Keunggulan ALRM lebih mudah dicerna dibandingkan dengan asam lemak tak jenuh. Dalam proses metabolisme ALRM lebih cepat diproses dan diserap oleh usus, sehingga lebih cepat menghasilkan energi. Asam laurat merupakan ALRM utama pada minyak kelapa yang memiliki khasiat sebagai antivirus, antibakteri dan antiprotozoa.

Kaya gizi

Menurut Kepala Bagian Umum PT Barco, Afriyanto, minyak kelapa merupakan minyak goreng sehat. Musababnya lemak nabati pada minyak kelapa dapat meningkatkan kadar high density lipoprotein (HDL) pada darah. Hal itu dapat mencegah berbagai penyakit degeneratif seperti strok dan penyakit jantung. Pantas saja minyak kelapa pilihan utama kaum vegan. “Minyak kreasi kami sudah salah satu yang mendapat sertifikat produk vegan,” katanya.

Kelapa salah satu komoditas penghasil
minyak terbaik.

Afriyanto mengatakan, minyak kelapa juga bisa memberikan nutrisi pada otak. Itu karena minyak kelapa mengandung trigliserida rantai sedang atau medium chain ttryglicerides (MCT). Tubuh cepat mengubah MCT menjadi sumber energi dan mengubahnya menjadi keton. Keton adalah nutrisi yang diperlukan oleh otak. Faedah lainnya minyak kelapa kaya akan asam laurat. Ketika tercerna akan berubah menjadi monolaurin yang bisa membunuh patogen sperti bakteri, virus dan jamur.

“Meskipun kini harga minyak kelapa di pasaran relatif tinggi, sebanding dengan faedah yang didapakan konsumen,” kata Afriyanto. Menurut Afriyanto, 5 alasan memilih minyak kelapa karena lebih sehat, menjadikan makanan lebih lezat, tidak mudah tengik, lebih efisien, dan lebih bersih. Lebih efisien dalam arti tidak terserap dalam makanan, sehingga penggunanan lebih ekonomis. Adapun lebih bersih karena minyak kelapa tidak cepat menghitam ketika memasak pada temperatur tinggi. Pantas saja Lily begitu fanatik menggunakan minyak kelapa. Musababnya bisa melezatkan makanan sekaligus kaya gizi. (Muhamad Fajar Ramadhan)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Inovasi Pakan Itik: Riset Ilmiah Membuktikan Eceng Gondok Terfermentasi Meningkatkan Bobot Itik

Trubus.id—Riset ilmiah membuktikan eceng gondok terfermentasi meningkatkan bobot itik. Siska Fitriyanti, S.Si, M.P., peneliti muda di Badan Penelitian dan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img