Monday, August 8, 2022

Pet Show 2007 Juara Itu Berpostur Tegap

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Baron adalah seekor golden retriever berumur 5 bulan. Saat babak final, klangenan Christopher Ekajaya itu terlalu digdaya bagi 14 lawannya dari aneka trah: mini pinscher, pekingense, dachshund, scotish terrier, pug, labrador retriever, rough collie, yorkshire terrier, pomeranian, bulldog, american cocker spaniel, chihuahua, dan poodle. ‘Postur dan fisik Baron sangat bagus. Struktur giginya juga rapi,’ kata Suherman Hartanto, juri dari Jakarta.

Sebagai golden, Baron juga memiliki bulu indah: lebat mengembang dan tersisir rapi. Kecantikan itu dapat disaingi oleh salah satu rivalnya, Blizzard dari trah shih tzu. Namun, klangenan milik Nike Andina itu tampak ringkih meski gerakannya aktif dan lincah. ‘Ototnya kurang kuat saat dipegang,’ ujar Suherman yang mendaulat anjing berumur 11 bulan itu sebagai runner up kontes.

Otot kurang terbentuk

Sebelum merebut gelar tertinggi, Baron terlebih dulu mendepak 6 pesaing di trahnya. Musuh terberatnya, Lala, tersingkir karena otot tubuhnya kurang kekar. Kekurangan lain, golden retriever betina itu juga kalah tegap. Itu sebabnya, meski sekilas Lala tampil cantik, tetap dinyatakan kalah bersaing.

Menurut Suherman, penilaian utama di kontes kali ini ditekankan pada kesehatan, struktur tubuh, penampilan, dan perawatan tubuh. Namun, mayoritas peserta kurang memperhatikan perawatan. Contoh kaki. Banyak trah yang pertumbuhan kakinya kurang baik. Ototnya pun kurang terbentuk dan struktur kaki kecil, tidak berkembang sebagaimana mestinya. ‘Salah satu penyebabnya karena dipelihara di kandang yang terlalu sempit,’ kata pemilik Pomindo Kennel itu.

Selain adu antartrah, lomba ini juga menampilkan pertarungan sesama pitt bull macho. Walau hanya 4 pitt bull yang berlaga, pertandingan berjalan ramai. Setelah menyisihkan 3 pesaing, Dakota keluar sebagai juara. Pitt bull berbulu cokelat itu dianggap memiliki anatomi tubuh paling sempurna ketimbang semua lawannya. ‘Otot, siku depan, dan punggungnya juga terlihat bagus,’ kata Sebastian, juri lomba. Selain itu perawatan bulu yang prima jadi nilai tambah. Bulu Dakota tampak halus merata serta tidak ada bekas luka akibat terkena penyakit kulit.

Pesaing terdekat Dakota adalah Radja. Pada umur yang tergolong muda, pertumbuhan otot anjing kelahiran 6 bulan lalu itu berkembang baik. ‘Ototnya mulai terbentuk di umur yang masih dini, itu menyumbang nilai sangat besar bagi Radja,’ ujar Sebastian. Namun, klangenan Anto itu kalah bersaing dalam kelengkapan aksesori tubuh dan leher. Dakota akhirnya mendulang angka 1.070 dan Radja hanya mendapat 900.

Anggap keluarga

Acara Pet Show 2007 yang berlangsung 11-23 September 2007 itu juga dimeriahkan oleh lomba balap kura-kura, cat fashion, lomba kelinci makan wortel, dan lomba lari hamster. Acara makin semarak dengan beragam acara khusus anjing seperti lomba lompat rintang, lomba lari, talk show perawatan anjing, hingga pemilihan raja dan ratu anjing.

Sebagai ratu anjing, terpilih Angel, milik Imelda, setelah menyingkirkan 4 kontestan lain. American cocker spaniel berbulu hitam itu tampil dengan balutan baju pesta berwarna-warni dilengkapi topi merah muda. Acara yang bertujuan memasyarakatkan hewan peliharaan khususnya anjing itu diharapkan bisa menciptakan kedekatan antara klangenan dan majikannya. ‘Anggap hewan peliharaan sebagai anggota keluarga,’ pesan Jose Sualang, panitia lomba. (Kiki Rizkika/Peliput: Nesia Artdiyasa)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img