Thursday, December 8, 2022

Postur Mungil sang Juara

Rekomendasi

 

Dibandingkan lawan-lawannya, postur Star Pom’s Nubby juga kecil. Harap mafhum, Nubby datang dari trah pomeranian yang mungil. ‘Ia mengesankan karena gerakannya lincah dan bertenaga,’ kata Jackie Perry, juri lomba. Perempuan yang pernah menjuri di ajang bergengsi Crufts Dog Show di Inggris itu sudah menaksir Nubby sejak satu per satu peserta best in exhibition berjalan mengitari arena lomba.

Total ada 10 anjing dari trah besar dan kecil bersaing untuk memperebutkan gelar tertinggi. Trah besar antara lain diwakili shetland sheepdog, Amazing Grace, yang menjadi best of group 1; doberman, Amaretto, best of group 2; dan golden retriever, Wish Upon a Star, best of group 8. Namun, Jackie tampak condong pada trah kecil seperti La Verne Light Up My Life, shih tzu yang merebut best of group 9, dan Star Pom’s Nubby, pomeranian yang menjuarai best of group 5.

Usai peserta mengelilingi arena lomba, Jackie ganti mengelilingi mereka sembari membawa piala. Ia mondar-mandir di hadapan Nubby dan Light Up My Life. Pawang Light Up My Life nyaris bersorak ketika Jackie berjalan ke arahnya. Namun, tiba-tiba juri dari Inggris itu mendekati Nubby, lalu menyalami sang pawang sambil menyerahkan piala best in exhibition. Tim Denni Gunawan-pemilik Nubby-kontan bersukacita.

Berubah-ubah

Pada putaran sebelumnya yang dipimpin Anna Titz, juri dari Rusia, menobatkan Eria Pro Conrad for RCA dari trah doberman sebagai best in exhibition. ‘Anatominya sempurna,’ ujar Anna. Anatomi yang dinilai adalah garis tubuh atas dan bawah, cara berjalan, posisi telapak kaki depan dan belakang saat berdiri, dan letak mata dan kuping yang serasi. Kemenangan Eria sekaligus menggeser Nubby sebagai reserve best in exhibition.

Pemilihan best in exhibition back to back yang menghadirkan juri Thailand, Ekarat Sangkunakup dan Marilyn Rose dari Australia, berlangsung ketat. Lantaran peserta membludak, pemilihan best of group untuk tiap-tiap trah baru usai pukul 19.00 WIB. Selanjutnya, pemilihan best in exhibition dipimpin oleh Marilyn.

Dengan spesialisasi di trah kecil selama 30 tahun, Marilyn jatuh hati pada La Verne Light Up My Life yang menyisihkan Ola of Far East saat merebut best of group 9. Rival terberat La Verne, Macho von Frankenburg milik Dipo Sukamto dari Surabaya tak sanggup menjegal. ‘Posturnya bagus, tapi telapak kaki depannya sedikit membuka saat berdiri,’ ujar Marilyn. Light Up My Life pun didaulat meraih gelar best in exhibition.

Ekarat memberikan penilaian berbeda. Frankenburg justru dinobatkannya sebagai best in exhibition. ‘Postur tegapnya ditunjang oleh posisi berdiri yang sempurna waktu penilaian,’ ujarnya. Sedangkan gelar reserve dianugerahkan kepada Ina Ch. Golden Castle Polo dari trah golden retriever. ‘Kondisi anjing bisa berubah-ubah, sama seperti kita. Sekarang bagus, tapi besoknya bisa jelek,’ ujar Ekarat.

Rapi

Pameran dan lomba yang digelar pada 23-24 Februari 2008 itu merupakan hajatan besar Perkin Jaya dan Klub Doberman Indonesia wilayah Jakarta Raya (KDI Jaya). Arena lomba dipersiapkan secara matang. Tenda besar dipasang untuk menaungi 3 dari 4 ring. Ring yang terbuka diperuntukkan bagi trah doberman.

Menurut Ekarat kualitas trah doberman dan golden retriever tampil sangat bagus. ‘Biakan lokal sulit dibedakan dengan impor,’ ujarnya. Ekarat menyoroti substansi tubuh yang di Thailand-negara asalnya-masih jadi ganjalan. ‘Memperbaiki substansi tubuh perlu waktu lama karena indukan juga menentukan. Dibandingkan Indonesia, Thailand tertinggal,’ tutur pemegang sertifikat juri allbreed internasional itu.

Acara yang melibatkan 330 peserta dari Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, bahkan Medan dan Bangka itu juga menggelar ujian anjing sahabat dan karyaguna. Sekitar 16 anjing dari trah belgian mallinois, gembala jerman, doberman, pomeranian, dan rottweiler adu pintar. Pameran itu juga memilih anjing terbaik 2007. Untuk trah doberman, terpilih Gilda von Heisenberg milik Suherman Hartanto. Sedangkan Ina. Thai. Ch. Wisky von Winner, Millennium Star Irish, Ch. Cardinal Classy Crown, dan Ch. Cardinal Latest Creation masing-masing menjadi terbaik untuk trah mini pinscher, boxer, chihuahua smooth coat, dan chihuahua long coat. (A. Arie Raharjo)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Potensi Pemanfaatan Limbah Ceker Ayam sebagai Obat

Trubus.id — Mahasiswa Universitas Gadjah Mada menciptakan collagen tripeptide yang dihasilkan dari limbah ceker ayam sebagai alternatif pengobatan aterosklerosis.  Fitria Yuliana,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img