Wednesday, August 17, 2022

Produksi Naik Dua Kali

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

 

Ade Dwi Adedi menanam 2.500 bibit melon golden citra di lahan 1.000 m2. Populasi itu sama seperti jika ia menanam varietas lain. Enam puluh lima hari kemudian, Ade memanen 5.000 buah golden citra. Jenis lain, hanya 2.500 buah. Harap maklum, golden citra menghasilkan dua buah per tanaman. Lazimnya produktivitas melon satu buah per tanaman.

Bobot citra 1,3-1,5 kg per buah. Jika Ade menanam apollo, misalnya, bobot buah yang dihasilkan sama. Sosok tanaman golden citra vigor dengan batang besar sehingga sanggup menggendong dua buah dalam satu sulur. Banyak pekebun menghasilkan dua buah melon per tanaman dengan membuat sulur ganda.

“Untuk mendukung hasil dua buah per tanaman, asupan pupuknya sama seperti menanam varietas lain,” kata Ade yang menanam golden citra sejak permulaan 2011. Artinya, dalam luasan dan biaya produksi sama, produktivitas-dan ujung-ujungnya laba-melambung dua kali lipat. “Itu enaknya menanam golden citra,” kata ketua Ikatan Petani Melon Cilegon (IPMC) itu.

Harga tinggi

Golden citra juga relatif tahan penyakit Cucumber Mosaic Virus (CMV). Hanya saja jaring pada kulit buah Cucumis melo itu gampang pecah. Ade mengatasinya dengan memberi asupan kalsium (Ca) dan kalium (K) pada saat pembentukan net serta mengurangi penyiraman. Hasilnya melon berjaring dengan warna kulit kuning laksana emas. Daging buah lembut, bercitarasa manis dengan kadar gula 13o briks. Pantas harga jual di tingkat petani Rp2.000 per kg lebih mahal dibanding melon eksklusif lain.

Jenis lain yang Ade kembangkan, melon gordes yang penampilannya sungguh atraktif. Pada kulit buah yang berjaring terdapat garis-garis membujur berwarna hijau. Konsumen tinggal memotong melon mengikuti alur garis itu. Daging buahnya jingga, bertekstur renyah dengan citarasa manis mencapai 11o briks. Ade menanam gordes yang bobotnya bisa mencapai 2 kg per buah untuk memasok pasar ekspor oleh PT Momenta Agrikultura. Para petani yang tergabung dalam IPMC sanggup menyetor 10-20 ton gordes per minggu.

Sayang, tanaman anggota famili Cucurbitaceae itu relatif rewel. Gordes gampang terserang penyakit CMV yang menyebabkan daun keriting dan kerdil. Risiko serangan lebih besar pada kemarau. Untuk mengatasinya Ade menyemprotkan insektisida berbahan aktif fipronil dan deltamethrin berselang setiap minggu dengan  dosis 1 ml per liter untuk memberantas aphid atau kumbang vektornya

Musuh lain, penyakit embun tepung akibat infeksi cendawan Pseudoperonospora cubensis. Downey mildew terutama mengancam pada fase generatif. Ade menyemprotkan fungisida berbahan aktif famoxadone 22,5% dan cymoxanil 30% dan mengontrol kelembapan kebun. Penyemprotan pupuk hayati setiap 10 hari membuat tanaman lebih sehat sehingga tidak gampang terserang hama dan penyakit.

Gama basket

Nun di Yogyakarta, Dr Budi S Daryono MAgrSc dan tim dari Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada membidani kelahiran gama basket. Penampilannya mirip gordes, hanya saja bentuk gama basket lebih bulat. Gama basket lahir dari hasil penyilangan antara varietas TC4 (rock melon berdaging jingga) dengan F2B2 yang beralur. Hasilnya melon beralur dengan daging buah jingga.

“Gama basket lebih tahan penyakit powdery mildew,” kata Budi Daryono. Varietas lain yang lahir di Yogyakarta melodi gama 1 yang berumur genjah. Di Kebun Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan Pertanian (KP4) UGM buah melodi dipanen pada 40 hari setelah tanam (hst). Jenis lain 50-60 hst. “Sekarang keduanya masih dalam tahap uji multi lokasi,” imbuh Budi Daryono. Seperti golden citra, mereka menjadi harapan para pekebun. (Pranawita Karina)

 

  1. Golden citra manis mencapai 13 0brix
  2. Tanaman golden citra vigor sehingga berproduksi 2 buah per tanaman
  3. Gama basket, Lahir dari hasil penyilangan antara varietas TC4 (rock melon berdaging jingga) dengan F2B2 yang beralur
  4. Melon gordes dipanen 65 hari setelah tanam
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img