Saturday, June 22, 2024

Prospek Bagus Bisnis Madu

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Sugeng Apriyanto kewalahan memenuhi permintaan madu trigona. Sugeng menghasilkan sekitar 180 kg madu trigona per bulan pada Oktober—Desember setiap tahun. Jika kapasitas produksi bertambah 2 kali lipat menjadi 360 kg pun masih terserap pasar.

Tidak heran ia menambah populasi lebah trigona yang semula 3.500 sarang menjadi 10.000 sarang. Menurut warga Dusun Ngrandu, Kelurahan Katongan, Kapanewon Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), itu membudidayakan lanceng menguntungkan.

Selain karena banyak dicari, pemeliharaan lanceng pun bisa menjadi usaha sampingan yang tidak terlalu menyita waktu. Dr. Mahani, S.P., M.Si., mengatakan, pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) madu cenderung meningkat setiap tahun.

Sebetulnya jumlah itu naik dan turun. Namun jumlah yang bertumbuh lebih besar daripada yang berhenti. Menurut Mahani permintaan madu di dalam negeri sangat tinggi. Buktinya impor madu masih sangat banyak. Sayang ia enggan menyebut besaran impor.

Tingginya jumlah madu impor mengindikasikan produksi madu dalam negeri belum mencukupi. Oleh karena itu, prospek menghasilkan madu berkualitas untuk memenuhi permintaan dalam negeri masih cukup bagus.

Menurut peternak lebah trigona di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Teguh Waluyo, bulan puasa menjadi momen masyarakat peduli kesehatan dan kebugaran. Mengonsumsi madu trigona salah satu upaya masyarakat menjaga kesehatan dan kebugaran.

Teguh relatif sulit memenuhi permintaan yang melonjak saat puasa. Kapasitas produksi baru sekitar 30 liter madu per dua bulan. Produksi itu berasal dari 60 log (batang kayu tempat koloni lebah). Permintaan sejatinya 2—3 kali lipat lebih banyak daripada produksi.

Oleh karena itu, Teguh berencana menambah 30 log untuk memenuhi permintaan. Menurut Teguh harga madu relatif stabil. Menjelang puasa Ramadan rrata-rata harga madu nirsengat di tingkat peternak mencapai Rp150.000 per 200 ml dan Rp300.000 per 500 ml.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Berbisnis Olahan Bayam, Anak Muda Asal Tasikmalaya Raup Omzet Puluhan Juta

Trubus.id—Bayam tidak hanya menjadi sumber zat besi, tetapi juga bisa menjadi sumber cuan bagi  Filsya Khoirina Fildzah, S.Kep., Ners...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img