Saturday, June 22, 2024

Pupuk Organik Cair untuk Pakcoi

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Bulu ayam yang biasanya menjadi limbah bisa berguna sebagai pupuk organik cair (POC). Itulah hasil penelitian Nirma Purtiwi dan tim dari Universitas Bangka Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. ‘

Mula-mula peneliti mencampur bulu ayam dan berbagai bahan seperti dedak padi, mikroorganisme lokal (mol) pepaya, dan larutan gula. Pengomposan berlangsung selama 75 hari.

Nirma dan rekan melarutkan 24 kg kompos bulu ayam dalam 56 liter air dan menutup wadah menggunakan plastik hitam. Fermentasi POC berlangsung selama 3 hari.

Hasil penelitian menunjukkan pemberian POC bulu ayam dengan konsentrasi 50% menghasilkan tinggi tanaman pakcoi 10,55 cm. Peneliti menduga pakcoi menyerap seluruh nitrogen POC bulu ayam.

Selain bulu ayam, leri atau air bekas cucian beras yang terbuang ternyata dapat meningkatkan pertumbuhan pakcoi. Riset Wardiah dan rekan-rekan Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, membuktikan air cucian beras memengaruhi tinggi tanaman pada umur 10 hari dan 20 hari serta terhadap bobot kering.

Mereka memperoleh 5 liter leri dari 30 kg beras yang dicuci. Penyiraman 2 kali sehari, pada pagi dan sore. Saat turun hujan mereka tidak menyiramkan leri. Leri mengandung karbohidrat, nitrogen, fosfor, kalium, magnesium, sulfur, besi, dan vitamin B1 yang dapat memacu pertumbuhan pakcoi.

Selain pemupukan, hama pada pakcoi juga dapat diatasi dengan bahan alami. Hama itu misalnya ulat grayak Spodoptera litura yang menjadi momok pekebun pakcoi. Produktivitas pakcoi anjlok jika imago ulat mengganyang daun.

Daun yang dihasilkan pun berlubang sehingga harga jual rendah. Ujang Dayat, pekebun sayuran di Sindanglaya, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat menggunakan 7 lembar daun kacang babi Tephrosia vogelii untuk mengatasinya.

Daun digerus, diekstrak, dan disemprotkan ke tanaman pakcoi. Pengalaman Ujang, ekstrak itu efektif mencegah imago ulat tentara berkembang.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Ingin Tanam Alpukat? Catat Jenis Alpukat Menurut Permintaan Pasar

Trubus.id—Alpukat premium menjadi incaran pasar. Menurut Manajer Pengembangan Bisnis PT Laris Manis Utama Vendi Tri Suseno, S.T.P., kriteria alpukat...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img