Saturday, April 13, 2024

Pupuk Berimbang Kunci Tingkatkan Produksi Petani

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Tren produksi pupuk anorganik dan organik terus berkembang dari tahun ke tahun, terutama pupuk organik.  Buktinya makin banyak permohonan produsen-produsen  baru yang mendaftarkan pupuk mereka di Kementerian  Pertanian dan telah diterbitkannya izin edar pupuk.

Perumusan pengadaan pupuk untuk tahun 2024 sesuai dengan Perpres No. 16 Tahun 2018 dan perubahannya. Pengadaan pupuk dilaksanakan dengan belanja melalui e-kalatog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dengan memilih harga termurah  dan ketersediaan barang.

Data Direktorat Pupuk dan Pestisida, Direktorat Jenderal  Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian,  menunjukkan bahwa terdapat 674 pupuk anorganik  terdaftar pada 2023 dan 379 produk sejenis pada 2022. 

Adapun pupuk organik, pupuk hayati, dan pembenah tanah terdaftar pada 2023 mencapai 442 produk. Jumlah itu meningkat 79,6% dibandingkan dengan jumlah produk  sejenis yang terdaftar pada 2022. Kementerian Pertanian salah satu lembaga yang berperan penting pada kebijakan  pengaturan aneka pupuk di Indonesia.

Majalah Trubus mengupas tuntas Inovasi Pupuk : Tingkatkan Produksi Hingga 100%. Dapatkan Majalah Trubus Edisi 652 Maret 2024 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Rawat Si Engkong : Durian Tua Berumur 100 Tahun

Trubus.id— Pohon durian setinggi 40 m itu berdiri kokoh di lokasi penanaman durian populer seperti super tembaga, bawor, musang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img