Wednesday, February 1, 2023

Rahasia di Balik Kuliner Bebek dengan Tekstur Garing dan Empuk

Rekomendasi

Trubus.id — Kuliner bebek (itik) kerap melekat di pikiran masyarakat dengan citra anyir dan berdaging alot. Padahal, ada berbagai cara untuk mengubah citra itu. Salah satunya dengan menerapkan resep di bawah ini.

  1. Bebek dicuci bersih, pisahkan kepala dan kaki serta jeroan. Belah bebek menjadi empat bagian. Siapkan bumbu berupa daun jeruk, sereh, cabai rawit, ketumbar, jahe, kunyit. Salah satu rahasia menghilangkan anyir adalah dengan memanfaatkan kemiri. Seluruh bahan dihaluskan dan ditumis menggunakan minyak kelapa yang membuat aroma menguar kuat.
  2. Lumuri daging bebek dengan bumbu yang telah ditumis sambil dipijat-pijat supaya bumbu meresap sempurna dan daging menjadi empuk. Selanjutnya, taburkan garam dalam bentuk kristal. Jika dicairkan, garam akan meresap ke seluruh daging, tetapi membuat cita rasa menjadi datar. Sensasi asin sebaiknya tidak boleh rata.
  3. Bebek yang telah dilumuri bumbu lalu direbus. Usahakan seluruh bagian bebek terendam air dan gunakan api kecil selama 3 jam. Tujuannya, agar bumbu meresap sempurna dan empuk.
  4. Agar renyah, bebek digoreng dalam 2 tahap. Tahap pertama digoreng dengan api kecil hingga kecokelatan. Bebek harus rajin dibolak-balik agar kematangan rata. Setelah itu, angkat dan tiriskan selama 10 menit agar minyak menetes keluar. Tahap kedua, bebek yang telah dingin digoreng menggunakan api panas tidak lebih dari 3–4 menit atau hingga kecokelatan.
  5. Bebek garing siap dihidangkan. Anda bisa menghidangkannya dengan 3 jenis sambal. Pertama, sambal matah (mentah) terbuat dari irisan bawang merah, serai, daun jeruk, terasi, cabai merah, dan minyak goreng. Kedua, sambal terasi. Ketiga, sambal tomat.
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Terbukti Ilmiah! Daun-Daun Ini Jadi Musuh Berbagai Penyakit

Trubus.id — Seringkali bagian tanaman seperti daun yang kita anggap tak berguna malah menyimpan manfaat yang luar biasa. Berikut...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img