Sunday, May 19, 2024

Rangkaian Bunga Puring Tiada Tanding

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Puring populer sebagai tanaman hias yang bukan cuma cantik, melainkan bermanfaat bagi lingkungan. Selain itu, perancang bunga pun terpikat memanfaatkan keelokan puring.

Mereka memilih puring untuk mewujudkan rangkaian bunga nan elok. Sebut saja Maria Dewi Sri Andayani yang memanfaatkan puring untuk membuat rangkaian bunga penghias kepala.

Perangkai bunga di Kota Surabaya, Jawa Timur, itu memilih puring berwarna dominan merah dan kuning. Anggota Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI) Kota Surabaya itu menggunakan kawat sebagai rangka untuk mempermudah materi flora dan aksesorinya.

Maria telaten menata satu per satu materi flora hingga membentuk hiasan kepala yang cantik. Di tangannya, lembaran puring berubah bentuk serupa kuntum bunga. Ia meletakkan kuntum bunga itu di bagian tengah rangka kawat.

Bunga kenop (Gomphrena globosa) kuning mengelilingi “kuntum bunga” puring. Selanjutnya, ia mengambil empat lembar puring berwarna kuning dan meletakkannya di samping bunga kenop.

Lembaran puring berwarna merah berukuran jumbo pun ditambahkan persis di sisi kanan dan kiri rangkaian hingga menyerupai sayap kupu-kupu. Pemilik toko bunga Dewi Sri Florist itu membuat mata kupu-kupu yang terbentuk dari kumparan kawat berwarna merah muda untuk menyempurnakan rangkaian.

Pun sungut kupu-kupu yang terbuat dari anyaman lili paris. Maria juga membuat anyaman serupa seukuran lingkaran kepala sehingga rangkaian itu ajek saat dipasang.

Bukan cuma penghias kepala, melainkan puring juga bertranformasi menjadi tas, rangkaian pemanis meja, ataupun penghias ruangan. Wiwin Untari Andoko di Kota Surabaya membuktikannya.

Perangkai bunga itu memanfaatkan floral foam untuk membuat badan tas. Ia lantas menempelkan lembaran puring ke badan tas menggunakan jarum pentul berkepala besar. Di bagian bibir tas, ia menancapkan alstomeria, bunga kenop, mawar mini, babys breath, amaranthus, dan lili paris.

Wiwin juga menambahkan “kuntum mawar” yang terbuat dari gulungan daun puring berwarna merah. Sebagai sentuhan akhir, pemilik toko bunga Drei Florist itu menambahkan manik-manik cokelat yang ditata melengkung sebagai pegangan tangan.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Pilihan Mengolah Biji Ketumbar Praktis  

Trubus.id–Ketumbar berpotensi sebagai penurun gula darah. Hal itu sesuai peneliti di Laboratorium Farmakologi dan Toksikologi, Fakultas Farmasi Universitas Gadjah...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img