Friday, December 9, 2022

Ratu Pengusir Osteoartritis

Rekomendasi

 

Konsumsi jus kulit manggis meredakan nyeri sendi akibat osteooartritisPemicu Nyeri SendiPrevalensi Penyakit Sendi di IndonesiaAlfamangostin Vs Radang Sendi LututKinerja AlfamangostinAir mata menderas dari kedua pelupuk mata Dian Agrianti. Perempuan 41 tahun itu hanya bisa menatap wajah Javas yang terlelap di sisinya. Soal ketidakmampuan berdiri itu sebetulnya telah memberi isyarat pada Maret 2010. Saat itu Dian hamil lima bulan dan mesti istirahat total di rumahsakit karena kondisinya lemah. Artinya hingga hari persalinan pada pada 28 Juli 2010 – total selama 120 hari – ia menginap di sebuah rumahsakit di Jakarta.

Setelah melahirkan ia justru merasakan nyeri dan linu di sendi lutut. Perempuan yang menjalani program bayi tabung itu tak mampu melakukan aktivitas seperti biasa. Jangankan merawat sang buah hati, memenuhi keperluan sendiri pun ia tak mampu. Betapa tidak, ke mana pun beranjak, Dian yang duduk di kursi roda itu sangat tergantung pada orang lain. Keadaan itu mendorong keluarga memeriksakan Dian di bagian ortopedi.

Hasil rontgen memperlihatkan guratan-guratan halus dan penyempitan pada sendi lutut. Biang keladi nyeri di lutut Dian adalah osteoartritis sebagaimana diagnosis dokter di salah satu rumah sakit di Bekasi, Jawa Barat. Menurut Dr dr Lukman Shebubakar SpOT, dokter spesialis ortopedi di Rumahsakit Fatmawati, Jakarta Selatan, osteoartritis merupakan penyakit akibat kemunduran kualitas kartilago atau jaringan rawan sendi yang terdapat di sendi tubuh.

Ancam perempuan

Lukman Shebubakar mengatakan osteoartritis bersifat lokal – hanya di bagian sendi yang sakit – dan muncul tanpa efek sistemik seperti demam, penurunan hemoglobin, atau keluhan dari organ tubuh lain. Hasil riset K Nanchahal dari Bristol University, Inggris, mengemukakan bahwa sendi lutut merupakan lokasi yang paling sering terserang osteoartritis dibandingkan sendi lain.

Di sendi lutut banyak terdapat beragam komponen seperti jaringan dan otot yang saling berkaitan. Meniskus alias bantalan sendi melindungi kartilago alias rawan sendi yang terdapat di ujung tulang. Peran meniskus meredam tekanan saat tulang bergerak. “Tulang rawan itu sifatnya kenyal dan licin seperti jeli. Sebab, 65 – 80% kandungan di dalamnya adalah air, sisanya kolagen, proteoglikan, dan kandungan lain,” kata Lukman.

Seiring bertambahnya umur, kadar air dalam rawan sendi pun menyusut sehingga jaringan tak lagi kenyal. Akibatnya, jaringan rentan mengalami kerusakan. Osteoartritis termasuk penyakit degeneratif sehingga kerap terjadi pada manusia lanjut usia yang mengalami penurunan kualitas pada sendi lutut. Selain faktor usia, inflamasi alias peradangan akibat kegemukan, aktivitas sendi berlebihan, dan bentuk lutut abnormal – berbentuk huruf O atau X – juga memicu osteoartritis.

Penyebab lain ialah trauma akibat kecelakaan serta faktor genetik alias keturunan. “Deteksi dini penyakit ini mudah saja. Bila sendi terasa sakit dan nyeri terutama saat berjalan, sendi terasa kaku, serta adanya bunyi di area sendi, maka harus segera diperiksa. Apalagi jika pasien sudah lanjut usia,” tutur Lukman. Badan Kesehatan Dunia mencatat, 8,1% atau 19.300.000 jiwa penduduk Indonesia mengalami osteoartritis.

Hasil Riset Kesehatan Dasar pada 2007 juga menyatakan prevalensi osteoartritis di Indonesia mencapai 30,3%. Survei Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada 2006 mengenai penyakit perkotaan menemukan adanya keluhan nyeri sendi pada 66,9% penduduk di Jakarta yang saat ini mencapai 10-juta jiwa, keluhan terbanyak adalah sendi lutut (26,6%).

“Perkembangan penyakit osteoartritis terjadi secara perlahan. Biasanya keluhan mulai timbul saat usia menginjak 40 tahun dan paling banyak pada usia di atas 60 tahun. Penderitanya didominasi oleh kaum perempuan,” tutur dokter bedah ortopedi alumnus Universitas Indonesia itu. Pada kasus Dian, osteoartritis stadium awal terjadi pada usia 41 tahun.

Kulit manggis

Untuk mengatasi osteoartritis, Dian rutin menjalani terapi pemberian panas dan injeksi cairan sendi di lutut. Ibu satu anak itu juga mengonsumsi obat untuk penahan sakit akibat radang sendi. Dian menjalani 10 kali injeksi cairan sendi masing-masing di lutut kanan dan kiri selama 4 bulan usai persalinan. Menurut Dr dr Lukman Shebubakar Sp OT, larutan itu mengandung asam hyaluronat.

Sebab, penderita osteoartritis mengalami penurunan konsentrasi cairan sendi sehingga harus ditambah konsentrasinya dengan asam hyaluronat itu. Asam hyaluronat memang terkandung di dalam komposisi biokimia rawan sendi. Perannya mirip “oli” bagi tulang sehingga mencegah radang. Terapi pemanasan dan fisioterapi berguna melemaskan otot-otot di sendinya yang kaku.

Setelah berobat, kondisi Dian mulai pulih. Ia mampu berjalan, meski tertatih-tatih. Namun, 6 bulan berselang setelah Dian menghentikan injeksi cairan sendi, linu dan nyeri lutut muncul lagi. Terapi panas yang tetap rutin dilakukan tiap bulan sekali memang ampuh mengurangi rasa sakit. Namun, “Efeknya hanya bertahan sebentar. Setelah itu nyeri lagi,” ujar Dian.

Perempuan itu hampir putus asa menghadapi penyakit radang sendi. Ketika itulah ia menemukan sebuah brosur tentang jus manggis di garasi rumahnya. Semangat Dian kembali berkobar-kobar ketika membaca bahwa jus manggis mampu memulihkan penyakit osteoartritis. Itulah sebabnya Dian rutin mengonsumsi 2 sendok takar jus manggis dua kali sehari mulai Mei 2011. Sejak mengonsumsi jus manggis, mantan sekretaris itu menghentikan penyuntikkan larutan di lutut. Namun, Dian tetap menjalani terapi pemanasan.

Setelah mengonsumsi 3 botol jus manggis – masing-masing bervolume 350 ml – rasa nyeri di lutut mereda. Dian merasa tubuh terasa lebih fit, mampu menekuk lutut, dan nyeri saat berjalan pun hilang. Oleh karena itu pada Agustus 2011 ia menghentikan terapi panas karena kondisi membaik, tetapi tetap minum jus kulit manggis. Ketika wartawan Trubus berkunjung rumahnya di Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, Dian leluasa menggendong Javas, membuatkan teh manis, dan menghidangkannya.

“Sekarang saya bisa bermain dan menggendong Javas, tanpa merasa sakit lagi,” ujar Dian. Ia berencana untuk memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan bahwa lututnya sudah pulih, “Mudah-mudahan hasil pemeriksaan nanti juga membaik dan sesuai harapan,” kata Dian.

Multifungsi

Kulit manggis berkhasiat mengatasi osteoartritis? Begitulah bukti empiris Dian Agrianti yang diperkuat riset N Pongphasuk dan rekan dalam jurnal Acta Hort. Pongphasuk membuktikan bahwa 5 g ekstrak kulit manggis per kg bobot tubuh, mampu menghambat 45% peradangan. Joseph Schwager membuktikan ekstrak alfamangostin dari kulit manggis yang sohor sebagai ratu buah itu membantu proses pembentukan dan menghambat perombakan sel-sel di tulang rawan di sendi lutut.

Ia meriset secara in vitro terhadap sel-sel artikulasi atau sambungan di lutut manusia normal. Schwager memberikan alfamangostin berdosis 6,25 µM dan 12,5 µM terhadap gen kolagen I, kolagen II, dan aggrecan – pengekspresi gen penyusun kartilago. Selain itu, ia juga memberikan ekstrak itu pada gen MMP-3 dan MMP-13 yang berperan besar dalam merombak matrik ekstraseluler dalam degradasi kartilago.

Pemberian alfamangostin terbukti mengurangi ekspresi gen yang mendegradasi kartilago pada MMP-3 dan MMP-13. Ekstrak alfamangostin juga menstimulasi ekspresi beberapa asosiasi gen penyusun kartilago (kolagen I, kolagen II, dan aggrecan). Itu menunjukkan bahwa alfamangostin mencegah degradasi kartilago dan membantu meregenerasi jaringan kartilago alias tulang rawan. (Tri Istianingsih)

Konsumsi jus kulit manggis meredakan nyeri sendi akibat osteooartritis

Dr dr Lukman Shebubakar SpOT, osteoartritis banyak diderita kaum perempuan dan manula

Jaringan tulang rawan terdiri atas sel-sel kondrosit. Di dalam kondrosit berlangsung reaksi sintesis dan sekresi matrik ekstraseluler. Ekstrak
α-mangostin terbukti mampu menghambat perombakan matrik
ekstraseluler serta menstimulasi ekspresi beberapa asosiasi gen penyusun kartilago seperti kolagen yang terdiri atas kolagen I dan kolagen II serta aggrecan sehingga membantu meregenerasi jaringan tulang rawan.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Keunggulan Kapal Canggih Penebar Pakan Ikan

Trubus.id — Kapal penebar pakan ikan bisa menjadi alternatif para pembudidaya yang memelihara ikan di tambak yang luas. Salah...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img