Wednesday, August 17, 2022

Sang Juara Lahir dari Kota Pahlawan

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Gelar pertama direngkuh pada 17 Maret 2007. Ketika itu Archo didaulat jadi juara pertama remaja jantan pada Pameran Nasional Perkin 2007 di Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Utara. Di ajang pertama yang diikutinya itu, ia tampil percaya diri. Langkah kakinya mantap mengitari arena lomba seluas 100 m² maksimal.

Tahun 2007 ditutup dengan gemilang. Archo mempertahankan gelar BOB pada Pameran All Breed Perkin Jatim-Kodam V/Brawijaya pada Desember 2007. Stamina prima hingga babak bergengsi menjadi kunci kemenangan mengalahkan 10 pesaing. ‘Archo pejantan tangguh. Ia memiliki struktur tulang proporsional dan bulu tebal,’ kata drh Agus T Wardhana, juri. Itu kunci kemenangan beruntun Archo.

Sejuk

Serangkaian prestasi gemilang itu berkat tangan dingin Sentot Sardjono. Butuh 8 tahun buat pemilik Von Balinese Dog itu untuk menemukan Archo. ‘Saya mencari kintamani yang bertulang kokoh dan berbulu tebal,’ tuturnya. Kintamani seperti itu mendekati standar kualitas yang ditetapkan Perkin.

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Pada Agustus 2006 Sentot bertemu Archo di salah satu peternak di Bali. Dari 20 anakan, Archo langsung jadi pilihan. ‘Bulunya bagus dan gerakannya aktif,’ ujar Sentot. Di tangan pria kelahiran Tegal 44 tahun silam itu Archo dirawat dengan standar anjing ras impor. Kintamani itu ditaruh di Prigen yang bersuhu 22-27oC. Maklum Archo lahir di daerah pegunungan Kintamani di Bali. Suhu rendah juga mencegah bulu tebal Archo rontok.

Supaya Archo hidup nyaman dan sehat setiap hari kandang dibersihkan. Seminggu sekali disiram dengan disinfektan untuk mengusir kuman tak kasat mata. Setiap 3 bulan ia mendapat vaksinasi supaya tubuh kebal dari penyakit.

Kintamani itu diberi pakan kaya protein setiap pagi dan sore. Itu ditambah 2 telur rebus begitu memasuki umur 8 bulan. Sebagai camilan menu ketela rebus setiap minggu. Sementara susu kaya laktosa menjadi jatah setiap sore-terutama ketika masih kanak-kanak. ‘Pakan penting untuk meningkatkan kecerdasan kintamani,’ kata Sentot.

Resep ala Sentot ternyata manjur. Waktu dilatih intensif oleh pelatih dari K-9, Archo bisa menerima perintah. Kecerdasannya juga teruji saat demo karyaguna pada 3 Juni 2007. Ia lulus melakukan perintah loncat, duduk, lari, dan bersalaman. Kecerdasan Archo mengundang decak kagum juri kelas herder.

Titisan gen unggul

Berbekal segudang keunggulan itu, Sentot yakin Archo cocok menjadi indukan berkualitas. Pada umur 8 bulan ia dikawinkan dengan Carla. Dari perkawinan itu lahir Eldo dan Elsa. Darah unggul menitis pada ke-2 anakan. Terbukti pada November 2007 Eldo meraih best of puppy dan best of futurity jantan pada Pameran Multitrah Konsulat Perkin Bali. ‘Ia mencerminkan sejatinya kintamani,’ ucap Thana Achariyawan, juri asal Thailand.

Prestasi Elsa pun cemerlang. Di penghujung 2007, ia dinobatkan sebagai best of puppy betina pada Pameran All Breed Perkin Jatim-Kodam V/Brawijaya. Kemenangan itu lantaran kualitas Elsa mendekati standarisasi kintamani.

Sentot memang bukan orang pertama yang menangkarkan kintamani. Berdasarkan catatan Trubus, pada 1990 kintamani ditangkarkan oleh Henky Parera di Jakarta. Bahkan 5 tahun sebelumnya, kintamani banyak diternakkan di daerah asal, Desa Kintamani. Sayang, salah perawatan membuat kualitas kintamani jelek. ‘Tingkat kecerdasan kurang sehingga ia seperti anjing kampung liar,’ kata Agus. Apalagi saat itu silsilah perkawinan tidak terdata; tidak jelas induk jantan dan betinanya. Pantas harga jual kintamani itu hanya Rp150.000-Rp300.000/ekor umur 3 bulan.

Bandingkan dengan penangkaran ala Sentot yang mendata silsilah perkawinan dengan jelas. Ditambah perawatan intensif, lahirlah anjing juara. Sampai saat ini semua anakan masih dimiliki Sentot. ‘Saya ingin memurnikan ras kintamani. Anakan-anakan ini nantinya akan dijadikan induk,’ tutur Alumnus Jurusan Arsitektur Universitas Parahiyangan, Bandung. (Lastioro Anmi Tambunan)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img