Tuesday, November 29, 2022

Sebut Madu pada Soursop

Rekomendasi

Ternyata tak berlebihan bila pengusaha tekstil itu memberi nama SMS. Daging buah berwarna putih itu memang manis tanpa asam sedikit pun. Lazimnya, sirsak bercitarasa manis asam yang segar. Rasa manis itu stabil hampir pada setiap buah yang dipetik dari pohon berbeda. Buktinya waktu wartawan Trubus, Hermansyah, mencicipi di kebun, sepotong daging yang dicicipi betul-betul berasa manis. Citarasa sama juga yang mampir di lidah awak redaksi lain waktu menyantap daging putih dan lembut dari buah yang berbeda. Saking enaknya soursop berbobot 1 kg langsung habis dalam sekejap.

Gara-gara Annona muricata itu Sulaeman jadi kerap dicari-cari bila absen bertanding tenis dengan rekan-rekannya. Maklum, biasanya ayah 3 anak itu rutin membawa jus sirsak SMS saat berlatih tenis setiap Rabu. ‘Bisa dibayangkan betapa nikmatnya jika sirsak yang manis itu dibuat jus,’ tutur Sulaeman. Pria ramah itu selalu menyajikannya dingin. Hm…, benar-benar nikmat jadi pelepas dahaga rekan-rekan setelah lelah bermain tenis.

‘Tidak hanya itu, Rutin meminum 2 gelas jus sirsak per hari juga menyehatkan,’ kata Sulaeman. Angka kadar asam urat dalam darah pria 58 tahun itu turun dari 8,6 menjadi 5,8. Pengalaman empiris memang menunjukkan, sirsak efektif mengatasi asam urat (baca: Trubus edisi Juni 2001).

Sejak 1976

Lahirnya sirsak SMS di kebun Sulaeman tak lepas dari peran rekannya, Ir Wijaya, MS. Dari dialah Sulaeman mendapat bibit sirsak SMS 12 tahun lalu. Rupanya zuurzak itu hasil eksplorasi H.Aman-ayah Wijaya-di Sukabumi pada 1976. Aman yang saat itu menjabat sebagai mantri pertanian Desa Cimaja, Sukabumi, mendapat bibit sirsak istimewa itu dari pekebun di Desa Citarik bernama Aden.

‘Karakter sirsak itu memang istimewa,’ ujar Wijaya. Rasanya sangat manis apalagi jika ditanam di dataran rendah dan dipanen saat kemarau. Selain itu jumlah bijinya juga sangat sedikit. Hanya ada sekitar 20 biji tiap buahnya; sirsak biasa sampai 60 biji. Pemilik kebun bibit Mitra Cipaku itu yakin SMS layak dikembangkan. Mantan peneliti pada Departemen Pertanian itu mulai meperbanyak pada 1983. Hasil perbanyakannya kini menyebar di Bandung, Sukabumi, Cianjur, Bogor, Jambi, Medan, dan Bali. Salah satunya, ya di kebun Sulaeman tadi.

Gampang

Saat ini ada sekitar 150 pohon sirsak di kebun seluas 1 hektar milik Sulaeman. Kebun di Bandung, memang tak melulu ditanami sirsak. Di sana ada kolam koi seluas 3.000 m2 dengan perahu angsa dan gazebo yang membuat Sulaeman betah berlama-lama disana. Di sekeliling kolam luas itulah sirsak ditanam bersama mangga, jambu bol, dan alpukat. Biasanya sebelum memasuki kantor, Sulaeman berkeliling kebun dulu sembari mengendarai Mercy hitamnya.

Pohon sirsak setinggi 3 meter itu kini berumur 12 tahun. Rata-rata mulai berbuah pada tahun ke-6, tapi produksi massal pada 3 tahun terakhir. Satu pohon minimal menghasilkan 30 buah per tahun. Dibandingkan sirsak lain, produksinya memang relatif rendah-jenis biasa bisa memproduksi 100 buah per pohon. Namun, sosok SMS lebih besar, bobotnya rata-rata 1 kg per buah.

Supaya tumbuh dan berproduksi optimal, setiap tahun Sulaeman membenamkan 25 kg pupuk kandang asal kotoran kambing dan 1 kg NPK per pohon. Sirsak madu Sulaeman pun bisa dicicipi kolega dan kenalan pengusaha tekstil itu. (Nesia Artdiyasa/Peliput: Hermansyah)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id — “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img