Saturday, April 13, 2024

Sejumlah Syarat Sebelum Pupuk Beredar Di Pasaran

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Tren perkembangan produksi pupuk anorganik dan organik terus berkembang setiap tahun, terutama pupuk organik. Kini beragam jenis dan merek pupuk kian bertebaran di pasaran. Sejumlah instansi memproduksi pupuk untuk mencukupi kebutuhan pupuk di tanah air.

Pupuk yang terdaftar di Kementerian Pertanian merupakan salah satu cara tepat memilih pupuk di pasaran. Terdapat serangkaian proses yang mesti ditempuh produsen sebelum pupuk yang diproduksi beredar di pasaran.

Produsen pupuk berkoordinasi dengan Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP), Kementan untuk pendaftaran pupuk. Uji mutu dan efektivitas menjadi syarat dari Kementan untuk memeroleh izin produksi pupuk. Uji mutu dan uji efektivitas dilaksanakan oleh lembaga terakreditasi yang ditunjuk oleh Kementan.

Uji mutu meliputi analisis komposisi kadar hara di laboratorium. Sementara pengujian efektivitas merupakan uji kegunaan pupuk terhadap produktivitas tanaman dan analisis ekonomi. Kementan menetapkan sejumlah ketentuan yang mesti dipenuhi dalam formulasi pupuk baik anorganik, organik, maupun hayati.

Misalnya ketentuan pengajuan pupuk anorganik. Standar mutu pupuk anorganik yakni komposisi dan kadar hara pupuk anorganik yang ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional dalam bentuk SNI atau yang ditetapkan oleh Menteri Pertanian dalam bentuk persyaratan teknis minimal pupuk anorganik.

Mekanisme permohonan pendaftaran pupuk selengkapnya pada Majalah Edisi 652 Maret 2024  yang mengupas tuntas Inovasi Pupuk : Tingkatkan Produksi Hingga 100%. Dapatkan Majalah Trubus Edisi 652 Maret 2024 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Rawat Si Engkong : Durian Tua Berumur 100 Tahun

Trubus.id— Pohon durian setinggi 40 m itu berdiri kokoh di lokasi penanaman durian populer seperti super tembaga, bawor, musang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img