Tuesday, November 29, 2022

Selamat Datang Hachiko Raksasa

Rekomendasi

Sesetia Hachiko, tapi bersosok raksasa. Itulah american akita.

 

Joker!” Mendengar seruan itu, Joker bangkit dari duduk, mengibaskan ekor, dan berjalan mendekati Benny K. Joker melonjak dan makan dengan lahap saat Benny menyodorkan pakan dengan tangan kanannya. Tangan kiri Benny dengan lembut membelai kepala Joker.

Joker juga langsung manut waktu Fredric, putra Benny, mengajak bermain. Joker memang kerap diajak bermain di taman atau berjalan-jalan dengan anggota keluarga. Itu membuat Joker dekat dengan seluruh anggota keluarga.

Sosok sempurna

Kedatangan Joker pada Maret 2011 memang membuat kediaman Benny lebih semarak. “Setiap pagi kini saya memiliki kegiatan berjalan-jalan keliling kompleks perumahan bersama Joker,” kata pria yang sebelumnya memelihara boxer dan labrador itu. Benny mendatangkan Joker, jenis american akita, dari Belanda.

Pengusaha jasa ekspedisi itu kepincut Joker waktu berselancar di dunia maya. Seorang teman membuat pemilik restoran itu penasaran pada sosok american akita.Tak salah jika Benny jatuh hati pada Joker. Sosok american akita itu tinggi besar, bulu pendek, tebal, dan lebat dengan paduan warna putih dan cokelat cerah. Jika Joker berlari bulunya berkibar-kibar anggun.

Joker memang memiliki tubuh seperti raksasa. Tinggi Joker ketika berjalan mencapai 71 cm, jika anjing berbobot 55 kg berdiri bisa setinggi orang dewasa yang jangkung. Kepala american akita itu melebar, membentuk segitiga tumpul, dan tidak terdapat kerutan atau lipatan pada wajahnya.Telinga tegak dan hidung berwarna hitam. Ekor melingkar di bagian belakang. Sosok Joker mendekati american akita sempurna karena lahir dari penangkar khusus pencetak anjing-anjing untuk show.

Sebelum datang ke Indonesia, Joker langganan ikut kontes di Belanda. Ia sudah tiga kali mengikuti show tingkat internasional. Sesampainya di Indonesia, Joker juga kerap mengikuti kontes. Pada Pameran Anjing All Breed di Surabaya 2011, Joker meraih gelar Best Group 2.

Ruang dingin

Sebulan sebelum kedatangan Dynamic Force Son of a Gun Ruthdales, nama asli Joker, Benny membangun kandang berukuran 3 m x 3 m. Kandang dilengkapi dua buah pendingin ruangan yang disetel pada suhu 18oC. Selain itu kandang juga dilengkapi dengan humidifier supaya kelembapan dalam kandang terjaga. Pengalaman Benny tanpa humidifier bulu-bulu halus Joker kerap rontok.

American akita termasuk anjing dengan double coat, alias memiliki dua lapis bulu yaitu bulu halus yang dilapisi bulu kasar. Bulu itu untuk menjaga suhu tubuh anjing di habitat asli american akita di daerah subtropis. Di daerah tropis bulu american akita rontok sebagai proses adaptasi.

Tiba di kediaman Benny, anjing jantan yang pada Juni 2012 berumur 3 tahun itu tak langsung bisa beradaptasi dengan lingkungan dan majikan baru. “Awalnya Joker seperti tidak bersemangat. Wajahnya dihadapkan ke tembok,” kata pencinta anjing sejak masa sekolah dasar itu. Empat bulan pertama sejak tiba di kediaman Benny, Joker tak mau menyalak karena merasa bukan berada di daerah teritorinya. Ayah dua anak itu pun mendekati Joker dengan mengajak anjing itu bermain dan memperkenalkan dengan lingkungan sekitar. Mujarab! Kini Joker menjadi teman seluruh anggota keluarga.

Sebab american akita memang anjing ramah meski memiliki pembawaan yang waspada. Ketika wartawan Trubus meliput, Joker langsung waspada. Ia berdiri lalu menyalak dengan keras karena merasa didekati orang asing.

Dari Hachiko

American akita merupakan trah hasil kawin antara akita inu atau japanese akita dengan beberapa trah lain. Konon para tentara Amerika Serikat membawa pulang kampung anjing asal Prefektur Akita, Jepang, pascaperang dunia ke-2. Para tentara itu kesengsem dengan kesetiaan dan keindahan akita inu sehingga membawa atau mengimpornya ke kampung halaman selama periode 1945-1955.

Soal kesetiaan akita, siapa tak tahu cerita tentang Hachiko? Akita inu itu selalu menemani majikannya, Profesor Ueno yang memiliki Hachiko sejak 1924, ke stasiun kereta pada pagi hari dan menjemputnya pada sore hari. Ketika suatu hari profesor meninggal mendadak, Hachiko yang saat itu berumur 18 bulan tetap melanjutkan kebiasaannya menunggu majikannya pulang kerja setiap hari sampai 10 tahun kemudian hingga akhir hayatnya.

Di negeri Paman Sam, akita inu dikawinkan dengan beberapa trah lain sehingga lahirlah american akita. American akita jantan memiliki standar tubuh

66-71 cm, jauh lebih besar daripada standar akita inu 61-67 cm. Bobot tubuh american akita mencapai 43-50 kg, bahkan lebih. Sosok besar american akita itulah yang membuat Bavo Young, hobiis di Serpong, Tangerang, Provinsi Banten, jatuh cinta. Akibat persilangan dengan trah lain, american akita memiliki warna yang lebih kaya.

Dari Amerika Serikat, american akita menyebar di berbagai penjuru dunia, terutama di negara empat musim di Benua Amerika dan Eropa. Selain Amerika Serikat, Belanda, Australia, dan Inggris juga menjadi breeder american akita. “Di Indonesia masih jarang yang memelihara,” kata Boedi Soerjanto, importir anjing yang juga memiliki american akita berumur 6 bulan.  Itu karena suhu di Indonesia tinggi, padahal american akita harus tetap berada pada kondisi suhu rendah karena bulu tebalnya. Oleh karena itu ada anggapan american akita sulit dirawat.

Menurut Boedi, american akita cocok dibentuk menjadi anjing show, karya guna, atau penjaga. Di tanahair baru ada sekitar 20 ekor american akita milik hobiis di Jakarta, Tangerang, dan Surabaya. “Biasanya orang langsung tertarik begitu melihat keindahan american akita,” kata Boedi. Apalagi si bulu indah itu juga setia seperti Hachiko sehingga Benny dan para hobiis lain enggan berpaling. (Susirani Kusumaputri)

Keterangan foto

  1. American akita merupakan trah baru hasil kawin antara akita inu atau japanese akita dengan beberapa trah lain
  2. Kandang berukuran 3 m x 3 m yang dilengkapi dengan pendingin ruangan dan humidifier
  3. Joker akrab dengan seluruh anggota keluarga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id — “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img