Sunday, July 14, 2024

Solusi agar Domba Sehat dan Bebas Penyakit

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Domba yang sehat membuat pertumbuhannya optimal. Oleh karena itu, peternak harus selalu memperhatikan kesehatan domba. Penyakit yang kerap menyerang domba di antaranya kudis dan cacingan. Berikut ini solusi agar domba sehat serta bebas penyakit kudis dan cacingan.

Mengatasi kudis pada domba

Waspadai kala bulu dan kerak kulit berceceran di tubuh domba. Itulah tanda serangan kudis. Riset Balai Penelitian Ternak di Ciawi, Bogor, Jawa Barat, menjelaskan, domba terserang kudis dapat disembuhkan dengan campuran belerang, kunyit Curcuma domestica, dan minyak kelapa.

Ketiga bahan itu dipanaskan terlebih dahulu sebelum dipakai. Setelah dingin, ramuan itu dioleskan tipis-tipis pada permukaan kulit yang sebelumnya sudah dibersihkan dengan sabun. Pengobatan dapat dilakukan selama 1–2 minggu. Dengan perlakuan itu, domba akan bebas dari kudis.

Domba bebas cacingan

Cacing tambang Haemonchus contortus penyebab nafsu makan domba berkurang sehingga penambahan bobot melambat. Peternak bisa menggunakan serbuk daun nanas untuk mengatasi cacingan. 

Serbuk daun nanas efektif mengatasi cacingan. Caranya mudah, haluskan 12 gram daun nanas kering, campurkan 4 kg gula jawa, dan air 24 liter. Minumkan ramuan itu pada pagi hari untuk seekor domba dewasa berbobot 40 kg.

Setelah 3 hari, jumlah telur cacing turun dari 3.532 epg (egg per gram) menjadi 2.280 epg. Lakukan 3 hari sekali untuk mencegah terulangnya infeksi cacing.

Ciri domba sehat

Bagaimana cara sederhana menilai kesehatan domba? Peternak bisa memperhatikan gerak domba. Domba akan dapat bergerak dengan baik jika tanpa luka dan cacat pada tubuhnya. Selanjutnya, lihat mata domba. Mata domba yang berbinar dan tidak merah menandakan domba itu sehat.

Terakhir, kita harus mencubit domba untuk memastikan elastisitas kulit. Kulit domba yang elastis menandakan hewan dalam kondisi tidak dehidrasi. Jika 3 hal itu terpenuhi, secara umum domba berada dalam kondisi baik.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Presiden dan Mentan Kunjungi Kebun Kopi di Lampung Barat, Pacu Produksi Demi Kesejahteraan Petani

Trubus.id—Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau perkebunan kopi di Desa Kambahang, Kecamatan Batubrak,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img