Saturday, April 13, 2024

Solusi Tata Niaga Vanili, Komunitas Vanili Indonesia Fasilitasi Kemitraan

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Komunitas Vanili Indonesia memfasilitasi kerjasama antara perusahaan eksportir dengan kelembagaan petani vanili. Hal itu dalam rangka memperbaiki tata niaga vanili Indonesia.

PT Primera Optima Sejahtera, selaku perusahaan eksportir dan  Koperasi Vanili Sumedang, resmi menandatangani MoU antara produsen vanili untuk kerjasama pembelian dan pengolahan vanili di wilayah Jawa Barat (16/02/2024).

Perusahaan eksportir yang berlokasi di Jakarta Selatan itu melakukan kerjasama penjualan vanili kering dengan PT Ratu Okilor yang berafiliasi dengan petani vanili organik di wilayah Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara.

Kerjasama itu bertujuan mengakselerasi pemasaran vanili dengan merek dan standar mutu di luar negeri. Sekaligus menjadikan Indonesia sebagai pemasok vanili premium.

Sekretaris Vanili Indonesia, Tsuroyya menyampaikan bahwa inisiasi yang dilakukan itu merupakan embrio dari rencana untuk mewujudkan penataan tata niaga vanili.

“Kerjasama ini akan dijadikan model penataan pemasaran vanili. Mulai dari tingkat desa dan kabupaten yang akan dilembagakan dalam bentuk koperasi atau perusahaan yang berafilasi dengan kelompok tani. Lalu kelembagaan ini kemudian dimitrakan dengan koperasi agar bisa dipasarkan dengan brand dan mutu terstandar,” jelas Tsuroyya dalam sambutannya.

Lembaga yang merupakan binaan Gamal Institute itu juga merancang akan adanya koperasi induk pemasaran tingkat nasional yang memfasilitasi pengolahan dan pemasaran vanili premium.

Direktur Utama PT Primera Utama Sejahtera, Prima berharap ikatan kerjasama itu dapat berlanjut sampai tahap implementasi yang saling menguntungkan. Perwakilan PT Ratu Okilor Amelius, menyampaikan bahwa tahun ini, para petani mitra siap memproduksi vanili bersertifikat organik.

“Tahun ini akan diterbit perpanjangan sertifikat organik dari Control Union,” katanya. Kini harga vanili terkoreksi menjadi berkisar Rp1.300.000 per kg di tingkat lokal dari harga yang pernah mencapai Rp6.500.000 per kg untuk kualitas premium. Namun di sejumlah marketplace internasional seperti amazon harga vanili masih cukup tinggi, setara Rp2.500.000 per kg untuk vanili organik.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Rawat Si Engkong : Durian Tua Berumur 100 Tahun

Trubus.id— Pohon durian setinggi 40 m itu berdiri kokoh di lokasi penanaman durian populer seperti super tembaga, bawor, musang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img