Monday, August 15, 2022

Spektakuler! Rendemen Nilam 10%

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Devi (kiri) dan Suci, fasilitator pelatihan TrubusIndonesia memang tidak kekurangan orang pintar. Di Bandung, Jawa Barat Dra Nuryati Djuli MSi menemukan inovasi yang bakal menggegerkan dunia pernilaman Indonesia. Percobaannya saat meraih gelar master di Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung membuat mata pemain nilam terbelalak. Ia sanggup menaikkan rendeman minyak dari rata-rata 2% menjadi minimal 10%. Padahal, selama ini bisa menaikkan rendeman 1% saja sudah luar biasa bagus.

Mari kita cermati implikasi penemuan ahli mikrobiologi itu. Dengan rendeman 10%, berarti penyuling cuma membutuhkan 10 kg daun nilam layu untuk menghasilkan 1 kg minyak. Cara lawas, dibutuhkan 50 kg daun nilam basah agar bisa mengucurkan 1 kg minyak lantaran rendemannya cuma 2%.

Yang luar biasa, teknik baru tersebut mengenyampingkan tahapan pengeringan daun yang seringkali menjadi kendala -terutama pada musim hujan. Nuryati tidak membutuhkan daun nilam kering dalam proses kerjanya. Ia cukup melayukan daun, melakukan fermentasi dengan bantuan 2 mikroorganisme: Rhizopus oryzae dan Rhyzopus oligosporus, mengatur suhu dan pH, untuk menghasilkan cairan fermentasi yang kelak disuling menjadi minyak nilam.

Pembaca terhormat, temuan spektakuler Nurhayati -yang juga menggunakan mikroorganisme untuk bioremediasi -itu kami angkat sebagai topik utama edisi kali ini. Paparan menarik itu masih ditambah lagi dengan “bonus” tulisan khusus aneka teknologi jabon sepanjang 12 halaman. Salah satunya adalah teknik pangkas akar untuk memacu pertumbuhan.

Bagi Anda yang membutuhkan informasi teknik lanjutan, silakan mengikuti pelatihan yang kami selenggarakan  selama Februari: Kiat Buat Pakan Ikan Bermutu (11 Februari 2012), Kiat Budidaya Cabai Keriting Kualitas Premium (18 -19 Februari 2012), Kiat Penggemukan Sapi Pedaging di Lahan Sempit (25 -26 Februari 2012), Teknik Buahkan Tabulampot (18 Februari 2012), Peluang Bisnis dan Budidaya Sengon dan Jabon

(11 -12 Februari 2012), Teknik Mutakhir Produksi Minyak Nilam (25 Februari 2012). Hubungi: Suci & Devi di  Redaksi Majalah Trubus HP 081316034009, email: pelatihan@trubus-online.co.id, pin BB Pelatihan Trubus 21592720.

Salam,

 

Onny Untung

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img