Saturday, June 22, 2024

Sukses Budidaya Ikan Dewa dengan Teknik Segmentasi

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Masyarakat Indonesia belum terbiasa memelihara ikan dalam waktu lama seperti pada budidaya ikan dewa. Pembudidaya memerlukan waktu lebih dari 2,5 tahun untuk mendapatkan ikan dewa ukuran konsumsi berbobot sekitar 1 kg dari larva.

Bandingkan dengan masa pemeliharaan ikan mas sekitar 4 bulan dari larva. Namun, masyarakat dapat menerapkan segmentasi budidaya agar masa pemeliharaan relatif singkat. Menurut peneliti ikan dewa di BRPBATPP Bogor, Drs. Jojo Subagja, M.Si, terdapat 5 segmentasi budidaya ikan dewa.

Segmentasi itu terdiri dari pembenihan, pendederan 1, pendederan 2, pembesaran 1, dan pembesaran 2 (Lihat Segmentasi Ikan Dewa). “Tujuan lain segmentasi yaitu pemberdayaan ekonomi masyarakat,” kata Jojo.

Pilihan segmentasi tergantung dari sumber air. Jika lahan dan sumber air relatif sedikit, maka lakukan pendederan. Pembenihan bisa dilakukan jika kolam memiliki mata air jernih.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Atasi Serangan Kumbang Tanduk dan Rontok pada Bunga Anggrek

Trubus.id—Kumbang tanduk Oryctes rhinoceros kerap membuat para hobiis anggrek geram. Pasalnya, menggerek pucuk bunga dan bagian tanaman anggrek lainnya...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img