Monday, August 8, 2022

Sukun dan Singkong

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Rosy Nur Apriyanti dalam sebuah liputan di Gunung Slamet, Kabupaten BanyumasSosok menjulang tinggi dengan percabangan melebar ke samping mestinya menyita perhatian. Apalagi jika tiba masanya, buah bulat berwarna hijau bergelantungan di ujung cabang, tampak mencolok mata. Sukun Artocarpus Altilis memang tumbuh meraksasa dan menyita tempat. Namun, manfaatnya luar biasa. Di “hutan” sukun tanahnya kemungkinan besar berlimpah cadangan air lantaran ia sanggup menyimpan air hujan. Perakarannya kuat mencengkeram tanah sehingga tanaman asli Asia Pasifik itu layak ditanam di lereng bukit atau gunung. Buahnya, saat sudah menjadi tepung, memiliki kandungan karbohidrat yang setara dengan beras. Apalagi kandungan glikemiknya rendah, sehingga sangat cocok untuk penderita diabetes mellitus.

Itu adalah manfaat yang sudah lama dikenal. Kabar terbaru, daun sukun justru ampuh menangkal beberapa penyakit mengerikan. Wartawan Anda, dimotori oleh Rosy Nur Apriyanti, menemukan 2 penderita ginjal bocor yang rutin meminum rebusan daun sukun. Pengalaman empiris dan bukti ilmiah menunjukkan, rebusan daun sukun efektif untuk hepatitis B. Sementara sejumlah herbalis kerap meresepkan daun sukun untuk penderita diabetes, jantung koroner, dan remathoid arthritis. Bahkan di Taiwan ditemukan 3 senyawa pada daun sukun yang mendorong proses apoptosis sel kanker. Seperti biasa, pembaca, ulasan khasiat daun sukun itu kami kupas tuntas dengan menghubungi narasumber yang kompeten di bidangnya.

Sebagai pendamping topik utama, kami hadirkan pula potensi bisnis singkong. Adagium anak singkong untuk menggambarkan kemiskinan jelas tidak relevan lagi. Thailand menobatkan singkong sebagai treasure from the ground; China mengangkat singkong sebagai sumber bahan bakar masa depan. Di Indonesia, sejumlah anak muda kreatif menyulap singkong menjadi camilan bergengsi beromzet ratusan juta rupiah. Di pasar industri, permintaan singkong untuk mocaf dan tepung tapioka masih terbuka lebar. Singkong terbukti bukan tanaman yang bisa dipandang sebelah mata Pembaca, itulah dua topik utama yang kami sajikan untuk Anda. Selamat menikmati.

 

Salam,

 

 

 

Onny Untung

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img