Monday, July 15, 2024

Tepat Pilih Plastik Ultraviolet (UV) untuk Greenhouse Melon

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Pekebun melon di  Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah,  Heru Prapmono, menanam melon di rumah tanam  (greenhouse). Daun melon hijau seragam mulai pangkal hingga ujung tanaman.

Selain karena nutrisi dan air yang tercukupi, tanaman mendapatkan cukup penyinaran meski di dalam greenhouse. Sinar matahari tersebar merata menyinari 800 tanaman anggota Cucurbitacae itu di dalam rumah tanam berukuran 8 m x 30 m.

Apa rahasia Heru bisa mengoptimalkan pertumbuhan tanaman meski budidaya melon dalam rumah tanam? Salah satu rahasianya tepat memilih plastik ultraviolet (UV) sebagai penaung rumah tanam.

“Saya memilih plastik UV dengan ketebalan 200 mikron sebagai atap greenhouse karena lebih tebal dan lentur,” kata Heru. 

Berdasarkan pengalaman Heru, melon sweetnet 9 yang ia tanam berbobot maksimal yakni 1,5 kg.  Heru memilih plastik UV bermerek Jempol kreasi PT Hidup Baru Plasindo. Alasannya kualitas plastik UV itu tidak kalah saing dibandingkan dengan produk dari mancanegara seperti Turki dan Taiwan.

Ia menuturkan, plastik UV merek Jempol memiliki ketebalan maksimum 200 mikron dan lebar hingga 8 meter.  Daya lentur dan daya serap sinar matahari yang tinggi juga menjadi keunggulan plastik UV merek Jempol.

“Kunci keunggulan plastik UV cap Jempol yaitu kandungan bahan aditif yang menyusun komponen plastik UV,” ucap alumnus Program Studi Teknik Mesin Industri, Akademi Teknik Mesin Industri (ATMI) Surakarta, itu.

Selain karena terbentuk dari 100% biji plastik murni, ragam fitur seperti UV stabilizer, light difuser (LD), antibacterial (AB), infrared (IR), dan ethylene vinyl acetate (EVA) merupakan rahasia ketahanan plastik UV keluaran PT Hidup Baru Plasindo itu.

Heru menyatakan bahwa daya tahan zat aditif pada produk mulai terkikis setelah 3 tahun pemakaian. Namun plastik bisa bertahan hingga lebih dari 5 tahun.

“Kenampakan fisik tanaman tidak terpengaruh dan kualitasnya terjaga. Biasanya pemilik greenhouse tetap menggunakan plastik UV hingga 10 tahun,” kata kontraktor greenhouse dan sarana pertanian itu.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Bahan Alami untuk Ternak Ayam

Trubus.id—Lazimnya kunyit sebagai bumbu masakan. Namun, Curcuma domestica itu juga dapat menjadi bahan untuk menambah nafsu makan ayam....
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img