Thursday, August 11, 2022

Trubus Cat Show Valentine Day 2007 : Tubuh Besar Berjaya

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Penampilan itu tak lepas dari pemberian pakan bernutrisi tinggi dan latihan gerak agar tetap lincah dari Reza, sang penangkar. ‘Meski besar, J-Co sehat dan lincah,’ ujar Jajilah Ganis, pemilik baru. Terbukti meski bobotnya mencapai 53 kg, J-Co tetap aktif bergerak ke sana-ke mari. Tak tampak rasa lelah.

Wajar juri pun memberi perhatian lebih. ‘Sosoknya memang gagah,’ ujar Low Lup Fai, juri asal Malaysia. Istimewanya lagi, persia lokal itu memiliki warna bulu lebat mengkilap. Corak itu muncul karena dasar bulu berwarna cokelat tembaga gelap. ‘Warna ini unik dan jarang,’ tambah Low.

J-Co mengalahkan 4 persia lain sebelum menjadi juara. Contoh Ganswed Hugo Boss. Persia berbulu hitam mengkilap itu cepat merespon mainan yang digerakkan juri. ‘Secara nilai ia hanya kalah 1 poin dari juara,’ tutur Low. Namun Hugo tetap diganjar hadiah karena terpilih sebagai kucing lokal berbulu indah pilihan juri.

Kesehatan Lan-Lan, pesaing lain, pun bernasib serupa. Sosok persia 11 bulan itu cantik dengan corak bulu bak macan tutul-belang hitam pekat dan cokelat keemasan. Lantaran demam panggung Lan-Lan harus tergusur di urutan ketiga.

Jawara baru

Pertarungan sengit juga terjadi di kelas impor. Ketangguhan Lucy’s Jewel Roger asal Rusia seolah tiada tanding. Pada 2006, Roger sukses menyabet 2 gelar sekaligus: best in show dan best of the best 2006 di lomba kucing di Negeri Beruang Putih itu. Meski baru tiba 2 minggu di Indonesia, Roger tampil prima. Bulu putih bercampur cokelat muda tampak mengkilap. Sepasang telinga kecil dan bulat, mata hitam besar, dan otot-ototnya menonjol membuat juri terpikat. ‘Kucing ini benar-benar menampilkan kecantikan persia,’ ungkap Low.

Di babak penyisihan, Roger mengalahkan Gemstone Machoman of Ganswed, peraih the best of cat of the year 2004 versi CFI. Namun penampilan Machoman yang sedikit loyo saat penjurian membuat impiannya menjadi juara pupus. Di babak final, Roger ditempel ketat oleh Lucy’s Jewel Esmeralda. Persia 7 bulan cukup mempesona dengan bulu campuran hitam dan abu-abu. Klangenan milik Ave asal Bandung itu juga memiliki tulang kokoh. Namun, karena bulunya kurang panjang, ia tersingkir.

Kelas riex semi long hair kelincahan mancoon menjadi daya tarik. Sebut saja Brightlunar Andrea. Macoon berumur 5 bulan itu cepat merespon kibasan mainan di tangan juri. Tubuhnya juga cantik dengan warna bulu hitam dan abu-abu metalik. Keunggulan itu yang akhirnya mengantarkan klangenan Dendy Susilo menjadi jawara dengan meraup nilai total 91.

Rivalnya, Brightlunar Amarta-saudara sekandung-tak sanggup menandingi. Bermodalkan bulu lebih gelap, Amarta sebetulnya cekatan mengikuti gerakan tangan juri. Namun karena kalah lincah, ia harus puas di posisi kedua dengan selisih 2 angka.

Kasih sayang

Kehadiran 75 kontestan itu menyemarakkan Trubus WTCM 2 Agro Expo 2007 di WTC Manggadua, Jakarta Utara. Mengusung tema Valentine Day, kontes itu berlangsung ceria. Hal itu tergambar dari bergabungnya para pencinta kucing dari berbagai asosiasi kucing. ‘Acara ini bertujuan untuk mempererat hubungan antarpencinta kucing dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung, bahkan Medan,’ ujar Eva Librianti, ketua panitia.

Kemeriahan semakin terasa dengan hadirnya Irbis. Spynx asal Kanada itu mencuri perhatian pengunjung. ‘Sengaja dibawa agar menambah perbendaharaan jenis kucing yang ada di tanahair,’ kata Cacang, sang pemilik. (Lastioro Anmi Tambunan)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img