Friday, December 2, 2022

Turi Mini Sahabat Padi

Rekomendasi

Kurangi pupuk untuk meningkatkan produksi. Kedengarannya gila, tapi itu yang terjadi pada sawah milik Yoyo Sunaryo di Desa Pusakaratu, Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang. Semula Yoyo mesti membenamkan 3 kuintal urea per ha per periode tanam. Dengan harga eceran Rp2.400/kg, pundi Yoyo terkuras sedikitnya Rp720.000. Apalagi menjelang musim tanam, pupuk urea butir—lazim disebut pril—kerap menghilang dari toko pertanian. Kalau pun ada, harganya bisa sampai Rp4.000. Namun, petani tidak punya pilihan lain kecuali membeli lantaran tidak mungkin menunda penanaman.

Untungnya, “ketergantungan” Yoyo terhadap urea berkurang sejak 2002. Pasalnya, ia menanam turi mini Sesbania rostrata. Kerabat kacang tanah itu menangkap nitrogen bebas dari udara dan mengubahnya menjadi nitrat. Di dalam tanah, nitrat berbentuk ion bebas itu mudah terserap tanaman. Menurut Ir Haryanto Hadiwikarta, peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), kandungan nitrogen terlarut dalam tanah meningkat 12 kali lipat dari 0,02% menjadi 0,24%.

Yoyo menanam turi mini bersamaan dengan padi. Jarak tanam padi 20 cm x 20 cm, sedangkan turi mini 20 cm x 40 cm. Pada hari ke-45 pascatanam, Yoyo mencabut turi, mencacah, lalu membenamkannya kembali dalam tanah. Itu meningkatkan kandungan fosfor lantaran pembusukan turi menghasilkan anion yang mengikat fosfor. Hasilnya, Yoyo memanen 5,7 ton gabah dari lahan 1 ha. Padahal sebelumnya cuma 5,1 ton.

Turi mini jadi nutrisi

  1. Siapkan persemaian seluas 10% luas total lahan.01
  2. Semaikan benih turi mini. Untuk lahan 1 ha, semaikan 10 kg benih.02
  3. Tanam bibit turi mini umur 25 hari bersama padi.03
  4. Setelah 45 hari, cabut dan cacah turi mini lalu benamkan kembali ke tanah.***04
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Terluka dan Tidak Bisa Terbang, Petugas Mengevakuasi Burung Rangkong

Trubus.id — Petugas Balai Besar KSDA Sumatra Utara, mengevakuasi burung rangkong yang ditemukan terluka di kawasan konservasi Suaka Margasatwa...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img