Tuesday, April 16, 2024

VCO dan Ragam Olahan Teh Mencegah Melonjaknya Kolesterol Jahat Di Hari Raya

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Opor ayam, gulai, sambal kentang yang tersaji di atas meja makan itu sungguh menggiurkan. Saat hari raya setelah mengonsumsi berbagai penganan itu biasanya langsung menikmati aneka minuman manis seperti sirop.

Tahukah Anda, menurut produsen minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO), Annas Ahmad, pemicu kolesterol berlebih bukan berasal dari makanan bersantan. Pemicu kolesterol justru berasal dari makanan kaya gula dan karbohidrat olahan seperti tepung.

Celakanya bahan dasar makanan khas hari raya lazimnya kaya gula dan karbohidrat olahan. Menurut dokter penganjur santan di Kota Malang, Jawa Timur, dr. Zainal Gani, tingginya asupan gula saat hari raya itu berisiko memicu peningkatan drastis gula darah.

Ketika gula darah melonjak, pankreas memproduksi hormon insulin untuk mengubah gula darah menjadi trigliserida—salah satu bahan penyusun lemak. Namun, makin banyak pankreas memproduksi insulin, makin banyak pula kolesterol terbentuk. Akibatnya kolesterol pun melonjak.

Salah satu pilihan lezat mengatasi kolesterol dengan rutin mengonsumsi VCO. Menurut dokter sekaligus herbalis di Yogyakarta, dr. Sidi Aritjahja, VCO dapat mengontrol kadar gula darah dan lemak, antara lain kolesterol dan trigliserida dalam darah. Itu membantu mengencerkan darah, sehingga badan pun lebih bugar.

Menurut Sidi VCO memiliki kandungan kolesterol tidak jenuh atau HDL tinggi. Minyak itu akan mengikat lemak jenuh atau LDL yang berlebih di darah. Keuntungan tinggi HDL adalah tidak mudah menempel di dinding pembuluh darah atau terdeposit pada jaringan lemak dan otot.

Sidi menyarankan mengonsumsi satu sendok teh minyak itu sekali sehari menjelang tidur.  Cara lain dengan mencampurkan 1—3 sendok makan pada makanan atauminiman siap saji. Alternatif lain menurunkan kolesterol dengan rutin mengonsumsi teh.

Peneliti dari Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Herin Mawarti, menujukkan epigalokatekin galate (EGCG) menghambat peningkatan kadar kolesterol. Penurunan kolesterol pada mencit hingga 55% dibandingkan dengan perlakuan tanpa pemberian teh hijau.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kiat Mengubah Kediaman Pribadi Menjadi Rumah Walet Produktif

Trubus.id— Memodifikasi rumah tinggal menjadi rumah walet sangat memungkinkan. Hal terpenting yang mesti diperhatikan yakni lokasi itu merupakan habitat...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img