Monday, August 15, 2022

Welcome to Whiskas Paradise : Persia Himalaya Tampil Prima

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

 

Yang menjadi patokan juri dalam penilaian kategori sehat dan cantik antara lain kebersihan telinga, anus, mata, dan kulit. ‘Jawara memiliki bulu yang bersih, dasar kulitnya pun tak ada jamur,’ kata Ady. Keindahan bulu juga menjadi perhatian juri. Terutama kerapian bulu di sekitar telapak kaki dan di bawah telinga, serta tidak boleh ada bulu yang gimbal. ‘Biasanya daerah itu kurang diperhatikan oleh pemilik kucing,’ tambah dokter hewan kelahiran Payakumbuh, Sumatera Barat, itu.

Jelas itu tidak terjadi pada Endut. Ratna, pemilik Endut, sangat menjaga kebersihan dan kesehatan kucing persia himalaya itu. ‘Ia biasa dimandikan sepekan sekali. Sebelum kontes, pengecekan kuku dan menyisir bulu jadi kewajiban,’ ujar Ratna. Dengan perawatan optimal, Endut tampil prima saat kontes.

Tepat di belakang Endut, Archidut muncul sebagai juara ke-2. Perawatan tubuh intensif juga dilakukan Agus Dwijatnika alias Niko, pemilik Archidut. Selain rutin sepekan sekali dimandikan, kucing bermata biru itu juga rajin menerima perawatan kuku dan telinga dari sang majikan. Tidak ketinggalan ritual sisir bulu yang selalu dilakukan tiap hari. ‘Sehari bisa 3-4 kali disisir,’ kata Niko. Itu sebabnya bulu indah kucing berumur 6 bulan itu terlihat bersih sehingga memikat juri.

Lantaran sama-sama cantik dan sehat, selisih nilai keduanya juga sangat tipis. ‘Secara keseluruhan keindahan bulu Endut tak tertandingi, ia cantik terawat,’ ujar Ady. Pantas bila akhirnya perolehan nilai tertinggi jatuh ke tangan Endut. Ia meraup total nilai 35; sedangkan Archidut 34,5.

Aktif

Kategori lomba kucing terlincah pun tak kalah seru. Yang memegang kendali di kategori itu kucing mungil berumur 7 bulan: Terabithia. Klangenan yang juga milik Niko itu melibas 10 pesaing dengan gayanya yang aktif. Saat beraksi, ia terlihat begitu lincah. Ketika boneka tikus disodorkan, Terabithia tak henti menggapainya. Begitu pula kala bola berlonceng digoyangkan. Suara gemerincing lonceng langsung membuatnya berdelik dan beraksi. Kucing blue tortie itu mencoba meraih mainan dengan lompatan kecil.

Sebagai saingan terkuat, ada Tobey milik Diana yang sama lincahnya. Ia pun tak kalah sigap mencakar kucing hitam yang lewat di hadapannya. Namun, tetap saja ia harus puas di posisi kedua. Juri memberikan poin pada kelincahan bermain, kepekaan terhadap suara, dan konsentrasi pada mainan di tengah suasana ramai. ‘Terabithia lebih cepat tanggap. Baru mendekat, ia cepat bereaksi,’ kata Ady. Itulah alasan nilai lebih tinggi jatuh kepadanya. Tobey hanya selisih 2 angka lebih rendah daripada Terabithia yang mendapat nilai 52.

Ketat

Persaingan dalam kontes yang diadakan di Grand Hall, Jakarta City Center itu memang terbilang ketat. Selisih antarjuara hanya berbeda sedikit. ‘Sekitar 1-2 poin,’ kata Ady. Ketekunan dan ketelitian merawat kucing sangat diperhatikan para pemilik pada lomba yang diikuti 34 peserta itu. ‘Itu menandakan tingginya kesadaran pemilik merawat peliharaannya,’ tambah lulusan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, itu.

Kontes yang diadakan oleh Dream Creators itu semakin meriah saat diadakan lomba makan cat food. Areal depan panggung penuh sesak dijejali penonton yang antusias melihat kucing beradu cepat menghabiskan sepiring pakan. Dalam waktu 10 menit, Izra, kucing berbulu hitam milik Yen Fatahilah, mampu menyapu bersih pakan di piring yang tersedia. Setelah lomba usai, pakan pesaing yang masih tersisa pun dilahapnya. ‘Ia memang jago makan,’ kata Yen yang kadang terpaksa membatasi jatah makan Izra.

Acara menarik lainnya yaitu talkshow mengenai kucing dan kesehatan dengan bintang tamu Rissa Susmex. Fashion show yang digelar juga menambah semarak suasana. Enam kontestan tampil saling beradu cantik dengan kostum unik. Ada yang berpakaian indian, putri India, jemaah haji, sarjana, putri China, malaikat dan setan. Kostum ala putri China yang dikenakan Kelly, kucing milik Ratna, akhirnya dinobatkan menjadi yang terbaik. (Kiki Rizkika)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img