Tuesday, November 29, 2022

Aksi Pintar Muka Sangar

Rekomendasi

Salt berancang-ancang, matanya tajam tertuju pada ban motor bekas yang menggantung 2 m. Ia berlari kencang dan melompat. Hap… Salt pun bergelantung pada ban itu.

Adegan itu bukanlah cuplikan dari aksi Angelina Jolie yang memerankan tokoh agen Rusia, Evelyn Salt, dalam film berjudul Salt. Itu adalah aksi seekor anjing american pit bull terrier (APBT) betina milik Roy Pan Durdin. Kepiawaian Salt beraksi spring pole – sebutan gerakan menggantung di ban bekas – itu berkat latihan rutin dua sampai tiga kali sepekan. “Ketangkasan itu untuk melatih ketepatan menyerang,” ujar pria yang juga ketua umum Papillon Pit Bull Club (PPBC).

Dalam latihan itu, Roy melepas Salt dari jarak sekitar 5 – 10 m. Salt kemudian berlari dan melompat untuk mengigit ban yang digantung di ketinggian 2 – 3 m.  Anjing yang terlatih mampu menggigit tepat pada ban dan mampu menggantung hingga beberapa menit. “Bahkan terkadang gigitannya sulit dilepaskan,” kata Roy yang memelihara pitbull sejak 2002.

Tarik mobil

Para hobiis pitbull memang kerap melatih anjing asal negeri Paman Sam itu agar mampu melakukan berbagai atraksi. Menurut Roy karakter utama pitbull adalah kekuatannya yang lebih besar ketimbang anjing jenis lain. Ia juga ulet, gesit, cerdas, dan selalu aktif. ”Pitbull dilatih supaya ada manfaatnya. Selain untuk kesenangan pemilik, juga untuk kesenangan anjingnya,” kata hobiis pitbull di Ciledug, Kota Tangerang, Provinsi Banten, Herman Aldo Wibowo, yang sudah tiga tahun memelihara pitbull.

Ketika berumur 9 bulan, Salt baru menguasai ketangkasan yang memerlukan kekuatan rahang dan otot kaki itu. “Pada umur itu otot pitbull masih dalam pertumbuhan,” ujar Roy. Menurut Herman pitbull dapat dilatih spring pole sejak umur 7 – 8 bulan. “Yang penting gigi pitbull sudah kuat,” katanya. Bila sudah berumur lebih dari setahun, barulah berlanjut pada latihan ketangkasan lain yang lebih berat, yakni menarik beban.

Pitbull dilatih untuk menarik kereta kayu yang mengangkut beban. Kereta itu diikatkan dengan tali pada tubuh pitbull, lalu pancing dengan benda kesukaannya seperti bola, ban, atau boneka, agar berlari menarik kereta hingga mencapai jarak tertentu. Upayakan latihan menarik beban secara bertahap. “Pitbull mampu menarik beban minimal 3 kali bobot tubuhnya,” kata Roy yang saat ini memiliki 7 pitbull.

Pada tahap awal, latihlah menarik beban dengan bobot 3 – 5 kali bobot tubuh pitbull. Bila sudah tidak mengalami kesulitan, tambah jumlah beban. Begitu seterusnya. “Pitbull yang sudah terlatih mampu menarik beban hingga 1,1 – 1,5 ton, misalnya mobil,” kata Roy yang turut mendirikan PPBC pada 2005.

Latihan ketangkasan lain untuk pitbull adalah menaiki dinding papan vertikal hingga ketinggian tertentu. Latihan itu mirip spring pole. Hanya saja untuk mencapai target di ketinggian tertentu pitbull mesti menjejak dinding papan kayu vertikal. Target biasanya berupa ban motor bekas yang digantung pada ketinggian 3,5 m.

Latih kepatuhan

Postur anjing yang kekar di bagian dada dan ramping di bagian pinggang menunjukkan bahwa pitbull pelari andal. Itulah sebabnya para hobiis juga kerap melatih klangenannya untuk berlari cepat alias sprint. Dalam kompetisi lari, pawang melepas pitbull agar berlari menuju pemiliknya yang berada di ujung lintasan.

Melatih pitbull agar mau berlari kencang itu tak semudah menyalakan kompor gas. “Pemilik mesti tahu yang anjing inginkan, begitu juga sebaliknya,” kata Roy. Jika tak ada kedekatan dengan sang pemilik, anjing tak akan berlari menuju ke garis finish. Apalagi pitbull sejatinya kurang memiliki kepedulian terhadap manusia. “Pitbull sebetulnya kurang cocok menjadi anjing penjaga karena respon terhadap reaksi manusia kurang,” ujar Roy.

Itulah sebabnya berlatih kepatuhan tak kalah penting. Berbagai atraksi ketangkasan akan berhasil bila pitbull patuh atas instruksi pemilik. Latihan itu perlu waktu lama hingga berbulan-bulan. “Melatih pitbull butuh pengulangan, apalagi aktivitas yang membutuhkan kemampuan otak seperti kepatuhan,” kata Roy.  Anjing sebaiknya mulai dilatih patuh sejak umur enam bulan.

Pada umur itu kapasitas otak pitbull sudah cukup untuk menyerap berbagai instruksi selama latihan. Agresivitas dan kesukaan terhadap suatu barang seperti ban atau bola juga perlu dibangun. Kemampuan itu nantinya berguna untuk memancing pitbull unjuk ketangkasan. Misalnya dengan berlatih menangkap ban atau bola. Dengan begitu, pitbull makin piawai unjuk ketangkasan. (Susirani Kusumaputri)

Perlukan ketekunan sang pemilik untuk melatih pitbul pintar secara teratur

Anjing menaiki bilah-bilah papan yang disusun secara vertikal pada ketangkasan vertical jump

Pitbull bisa menjadi sahabat bagi manusia termasuk anak-anak

Roy Pan Durdin, “Apabila dilatih dengan baik pitbull bisa melakukan berbagai jenis kegiatan dan bisa diikutkan dalam kontes sehingga sifatnya positif.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id — “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img