Wednesday, August 10, 2022

Alami Rawat Mahkota

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Merawat kesehatan rambut dengan bahan alami.

Buah nanas mengandung enzim bromelain yang mengangkat kulit mati penyebab ketombe.
Buah nanas mengandung enzim bromelain yang mengangkat kulit mati penyebab ketombe.

Ketombe tidak menyebabkan kematian atau hal lain yang fatal, tidak berbahaya, tidak menular, dan tidak secara langsung menyebabkan rambut rontok. Namun, kehadirannya mengganggu penampilan. Akibat berketombe sering menggaruk kulit kepala menyebabkan kerontokan rambut sementara. Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin dari Surabaya, dr Avril Noviantto SpKK, ketombe sebenarnya sel-sel kulit kepala yang mati dan rontok.

Menurut Avril ketombe tidak selalu berarti seseorang berambut kotor, tetapi dapat juga akibat produk perawatan rambut yang menyebabkan kulit kepala terkelupas. “Beberapa pewarna rambut dan produk perawatan meninggalkan residu dan serpihan kering,” ujar dr Avril. Pemicu lain, kulit kepala berkeringat sehingga lembap terutama pada perempuan berkerudung bertumpuk sehingga menghambat sirkulasi udara.

 

Enzim bromelain
Avril menyarankan penggunaan jilbab yang berbahan katun yang memiliki pori-pori cukup agar bisa membantu melancarkan sirkulasi udara. Menurut Prof Rodney D. Sinclair dari bagian Dermatologi Universitas Melbourne, Australia, kondisi rambut kepala yang sehat jika rambut berkilau, lembut, panjang, halus, elastis dan tanpa kebotakan. Sinclair mengatakan, perlakuan rambut seperti pewarnaan, mengeriting, meluruskan, mengubah sifat alami.

Rasa gatal dan serpihan kulit kepala yang berguguran adalah tanda rambut terganggu oleh ketombe.
Rasa gatal dan serpihan kulit kepala yang berguguran adalah tanda rambut terganggu oleh ketombe.

Perlakuan itu berpotensi mengakibatkan kerusakan pada tingkat struktural. Kalau kerusakan terjadi, perlu tindakan dan produk khusus untuk memperbaiki ke kondisi rambut alami. Perawatan dan pemulihan kondisi rambut membutuhkan perlakuan khusus dan biaya yang mahal. Oleh karena itu Delta Apriyani dan Marwiyah meneliti khasiat buah nanas Ananas comosus terhadap rambut berketombe.

Periset dari Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Universitas Negeri Semarang Mereka menemukan cara mengatasi ketombe dengan bahan yang murah dan mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Penelitian pada Mei—Juni 2014 itu menggunakan 10 orang berketombe sebagai sampel. Kemudian peneliti membagi area rambut di kepala menjadi 4 bagian yaitu bagian depan kanan, bagian belakang kanan, bagian depan kiri, dan bagian belakang kiri.

Langkah selanjutnya mengoleskan campuran air perasan buah nanas masak ke rambut kepala yang berketombe secara merata. Supaya meresap dan bahan aktif bekeja, para periset mendiamkan cairan itu pada rambut selama 15 menit, lalu mencuci rambut dengan sampo. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata sebelum hasil pemberian buah nanas pada rambut berketombe sebesar 10,342, nilai tertinggi sebesar 14,68, dan nilai terendah 5.

Setelah pemberian buah nanas, nilai rata-rata menjadi 19,367, nilai teringgi 20, dan nilai terendah 17,67. Dengan demikian selisih nilai rata-rata 9,025. Buah nanas terbukti membantu merawat kesehatan rambut. Menurut periset dari Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung, Prof Dr Elin Yulinah Sukandar, enzim bromelain dalam buah nanas mengangkat jaringan kulit mati. Nanas mengandung vitamin C untuk mengatasi ketombe.

”Vitamin C berkhasiat untuk kecantikan rambut karena mampu membantu melawan ketombe, mencegah rambut rontok, mengatasi rambut beruban, dan menjaga kesehatan kulit kepala,” ujar Prof Elin. Avril menyarankan untuk mengoleskan air perasan buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk nipis sebelum keramas untuk menjaga kesehatan rambut. Frekuensi keramas 2—3 kali sepekan.

Atasi rontok
Kerusakan lain pada rambut adalah rontok. Rata-rata orang kehilangan 50—100 helai rambut setiap hari karena rontok. Avril mengatakan, bila kerontokan rambut lebih dari 100 helai per hari dan terjadi terus-menerus, itu ciri rambut tidak sehat. Untuk mengatasi kerontokan rambut melalui pengobatan dari luar dan dari dalam.

Buah avokad memiliki zat aktif asam oleat, yaitu antioksidan untuk melindungi rambut dari ancaman residu berbahan kimia, polusi, dan perlakuan buruk terhadap rambut serta rambut yang rusak karena kurang nutrisi.
Buah avokad memiliki zat aktif asam oleat, yaitu antioksidan untuk melindungi rambut dari ancaman residu berbahan kimia, polusi, dan perlakuan buruk terhadap rambut serta rambut yang rusak karena kurang nutrisi.

Pengobatan dari dalam dengan mengonsumsi obat dan injeksi untuk menghentikan kerontokan rambut, serta membantu mempercepat penumbuhan atau mengembalikan rambut yang hilang di kepala. Konsumsi kapsul putih telur seperti pengalaman Silvia Sherly juga efektif mengatasi kerontokan rambut (baca: “Putih Telur Hitamkan Rambut” halaman 94—95). Pengobatan dari luar menggunakan tonik rambut.

Kandungan tonik efektif dibandingkan dengan pada sampo atau jenis kosmetik lain. Saat ini tonik rambut banyak menggunakan bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti ekstrak buah avokad Persea americana dan madu. Kenyataan itu yang menginspirasi Wahyu Diana untuk meneliti dan membuktikan khasiat ekstrak buah avokad dan madu sebagai bahan aktif tonik untuk mengatasi rambut rontok.

Periset dari Jurusan Pendidikan Tata Rias, Universitas Negeri Surabaya, itu memanfaatkan tonik berbahan buah avokad dan madu dengan campuran 1 ml : 5 ml, 3 ml : 3 ml, 5 ml : 1 ml. Tonik terbaik dengan proporsi ekstrak avokad dan madu 3 ml : 3 ml. Kriteria terbaik berdasar syarat mutu standar nasional, yaitu homogen dan bebas partikel asing. Kadar pH menunjukkan 6,83.

Prof Dr Elin Yulinah Apt, periset bahan alam dari Institut Teknologi Bandung.
Prof Dr Elin Yulinah Apt, periset bahan alam dari Institut Teknologi Bandung.

Menurut Prof Dr Elin Yulinah Sukandar avokad mengandung asam lemak tak jenuh tunggal atau asam oleat. “Asam oleat merupakan antioksidan untuk melindungi rambut dari ancaman produk perawatan rambut yang berbahan kimia, polusi, dan perlakuan buruk terhadap rambut, serta rambut yang rusak karena kurang nutrisi,” kata Elin.
Adapun madu mengandung pinocembrinm yaitu antioksidan yang penting bagi kesehatan rambut. Senyawa itu meremajakan, memperbaiki sel-sel rambut yang rusak, menghasilkan jaringan kulit yang kondusif untuk pertumbuhan rambut. Menurut herbalis di Kota Batu, Jawa Timur, Wahyu Suprapto, menggunakan avokad sebagai herbal untuk menjaga kesehatan rambut. Ia mengatakan avokad sangat bagus untuk perawatan rambut rusak. (Muhammad Hernawan Nugroho)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img