Monday, November 28, 2022

Amputasi Akar untuk Kirim Jati

Rekomendasi

Pengiriman kerap menjadi sandungan penanaman jati. Maklum, polibag dan media tanam menyita banyak tempat. Bayangkan kalau mesti masuk bagasi pesawat. Kalau tanpa media tanam, sebuah karton 100 cm x 50 cm x 10 cm mampu menampung 2.000 bibit. Biaya kirim pun terpangkas menjadi cuma 5% tarif semula. Meski demikian, toh tingkat kelulusan hidup saat tanam mencapai 95%.

Setelah sampai di tempat tujuan, bibit-bibit jati itu perlu disesuaikan dengan lingkungannya. Perlakuan utama adalah memberikan hormon pertumbuhan akar pada bagian bawah leher akar. Setelah itu langsung ditancapkan pada tanah yang bercampur pupuk kandang dan nutrisi. Sebulan berselang, akar dan daun kembali tumbuh. Bibit bisa dipindahtanamkan ke lahan saat itu. Cara itu menjadikan pertumbuhan bibit dan resistensi terhadap penyakit meningkat. Syaratnya, gunakan bibit berumur minimal 4 bulan, tinggi lebih dari 1 meter, dan memiliki banyak akar.

  1. Pisahkan bibit dari media, bersihkan akar dari media. Hentikan penyiraman 2 hari sebelum perlakuan.

  2. Potong batang di antara perbatasan akar yang berwarna putih dan batang berwarna hijau. Seragamkan ukuran agar pengemasan mudah. Buang semua percabangan akar untuk memperlambat pengeringan dan pembusukan. Buang juga semua daun sehingga bibit tinggal berupa batang tanpa akar dan daun.

  3. Cuci dan bersihkan batang dari tanah dan kotoran yang menempel, lalu celupkan bibit pada larutan anticendawan untuk mencegah penyakit penyebab kebusukan.

  4. Oleskan cat di bagian leher akar sebagai batas timbunan tanah saat ditanam, kemudian ikat setiap 10 batang untuk mempermudah penghitungan dan menghambat pembusukan akibat penumpukan terlalu banyak.

 

jati02

jati03

jati04

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id— “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari, Kecamatan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img