Wednesday, August 17, 2022

Cangkok Bertingkat Tin Hijau

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Gundukan–gundukan berjarak sejengkal terbungkus plastik menyembul di sela daun tampak di pohon tin milik Eddy Soesanto. Dengan metode cangkok bertingkat itu, produksi bibit menjadi 3 kali lipat cangkok biasa. Maklum, cangkok paling efektif untuk memperbanyak tin. Kelebihan lain, dalam 3—4 minggu hasil cangkokan tin bisa tanam di tanah. Bandingkan dengan jambu air atau jambu biji yang perlu 1,5—2 bulan, atau mangga 3 bulan. Itu pun disertai dengan masa stres yang ditandai rontok daun.

Menurut Eddy, cangkok bertingkat bisa dilakukan karena mata tunas banyak. Hampir semua bagian batang tin—batang tua dan muda—dapat dicangkok. “Memang lebih baik dilakukan pada batang tua,” kata bapak 3 anak itu. Cirinya, batang sudah berkayu dan berwarna cokelat. Pada batang muda, akar yang keluar memang banyak, tapi ketika diturunkan dari pohon induk, tanaman menjadi lemas dan mudah mati.

Tidak ada syarat khusus dalam memilih bagian yang akan dicangkok. “Yang penting, ada mata tunas,” lanjut Eddy. Pada panjang batang ukuran 1 jengkal, terdapat minimal 2 mata tunas. Jadi batang bisa dicangkok setiap panjang 1 jengkal. Metoda cangkok bertingkat memang efektif untuk mendapatkan bibit dalam jumlah banyak.

tin-1-8

  1. Rendam moss dalam air yang telah ditetesi Vitamin B1, lalu angkat dan tiriskan sampai air tidak menetes lagi.

  2. Kerat keliling kulit batang, bersihkan getahnya.

  3. Letakkan segenggam moss yang telah direndam menutupi luka.

  4. Ikat moss pada batang, tutupkan plastik menutupi seluruh moss. Jangan sampai ada lubang.

  5. Setelah 4 minggu, akar keluar dan cangkokan siap diturunkan.***

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img