Thursday, February 9, 2023

Asal-usul dan Kelebihan Domba Compass Agrinak dari Puslitbangnak

Rekomendasi

Trubus.id — Compass agrinak merupakan domba unggulan dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) di Kota Bogor, Jawa Barat. Compass agrinak hasil silangan domba st. croix, barbados blackbelly, dan lokal sumatera.

Compass agrinak mewarisi 25% gen st. croix, 25% barbados, dan 50% domba lokal sumatera. Domba st. croix dipilih sebagai indukan karena berbulu pendek. Bulu domba yang tebal menyebabkan domba lebih sering minum daripada makan karena kepanasan. Oleh karena itu, compass agrinak dibuat berbulu tipis agar adaptasi dan pertumbuhannya baik di daerah tropis.

Adapun indukan domba barbados blackbelly diharapkan mewariskan sosoknya yang besar. Sifat itu memang terlihat pada compass agrinak. Bobot rata-rata domba compas agrinak berumur 3 bulan mencapai 12 kg.

Dalam usia 1,5 tahun bobot domba compass agrinak mencapai 65–70 kg dengan karkas 36,99–43,64%. Bobot itu jauh lebih besar ketimbang domba lokal sumatera hanya mencapai 25 kg pada umur yang sama.

Bobot itu diperoleh dengan cara budidaya sederhana dan kualitas pakan rendah. Jika dibudidayakan lebih intensif, hasilnya akan lebih baik. Sementara itu, domba lokal sumatera dikenal tahan penyakit cacing hati Vassiola hepatica.

Hanya sedikit jenis domba di dunia yang memiliki genetik tahan penyakit cacing hati. Produktivitas anakan compass agrinak rata-rata dapat melahirkan 1,45 anak per sekali melahirkan. Ciri khas compass agrinak adalah berbulu putih, seperti domba lokal sumatera.

Domba compass agrinak sudah tersebar ke berbagai daerah di Indonesia seperti di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Perawatan domba compass agrinak mudah. Soal pakan compass agrinak tak pernah rewel. Peternak bisa memberikan pakan rumput serta sisa panen kubis dan wortel. Untuk daging compass agrinak juga disukai konsumen karena sedikit lemak.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Meybi Kantongi Omzet Rp75 Juta Sebulan dari Daun Kelor

Trubus.id — Daun moringa alias kelor bagi sebagian orang identik dengan mistis. Namun, bagi Meybi Agnesya Neolaka Lomanledo, daun...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img